Bos Apple Buka Suara soal Isu Rasisme di Amerika Serikat

Kompas.com - 05/06/2020, 18:14 WIB
CEO Apple, Tim Cook businessinsider.comCEO Apple, Tim Cook

KOMPAS.com - Isu rasialisme kini tengah menjadi sorotan banyak pihak, termasuk dari para pelaku industri teknologi. Salah satunya adalah CEO Apple, Tim Cook yang ikut buka suara.

Melalui blog resminya, Tim Cook mengunggah sebuah tulisan berjudul "Bicara tentang Rasisme". Ia pun mengutuk ketidaksetaraan sistem peradilan di Amerika Serikat dan menilai bahwa diskriminasi masih banyak terjadi di sana.

"Kami telah melihat kemajuan sejak hidup di Amerika. Namun, pada kenyataannya, komunitas berkulit hitam terus mengalami diskriminasi yang berujung pada trauma," tulis Tim Cook.

Ia juga menyoroti perlakuan diskriminasi yang seringkali didapat oleh komunitas kulit hitam khususnya di lingkungan sosial dan pendidikan.

"Misalnya kita lihat dari sistem peradilan pidana, sejumlah kasus yang dialami komunitas berkulit hitam mengalami ketidaksetaraan termasuk dalam pelayanan sosial dan pendidikan," lanjutnya.

Sebagai upaya nyata, Cook mengatakan bahwa Apple sendiri saat ini telah berdonasi kepada Equal Justice Initiative, sebuah organisasi yang menentang ketidakadilan dan rasialisme.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman Apple.com, Jumat (5/6/2020) Cook juga mengatakan bahwa teknologi memiliki peranan penting untuk mengubah dunia dari ketidakadilan. 

Baca juga: 8 Menit 46 Detik, Cara Spotify Kenang Kematian George Floyd

Ia juga mengatakan bahwa teknologi dapat memberdayakan dan mengubah orang-orang menjadi lebih baik.

"Kami berkomitmen untuk terus mencari dan mendorong segala kemajuan yang berdampak untuk kedepann, termasuk inklusi dan keragaman agar setiap gagasan hebat dapat kami dengar," tulisnya.

Kasus yang menimpa seorang warga kulit hitam, George Floyd, beberapa waktu lalu memang mengundang banyak perhatian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Apple
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X