Instagram Reels Resmi Meluncur di 50 Negara, Siap Saingi TikTok

Kompas.com - 06/08/2020, 07:43 WIB
Ilustrasi Instagram Reels. InstagramIlustrasi Instagram Reels.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan lebih dulu di Brasil dengan julukan "Cenas", Instagram kini meluncurkan fitur baru bernama Reels secara global di lebih dari 50 negara.

Reels merupakan fitur perekaman video pendek mirip TikTok yang memungkinkan pengguna merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik.

Reels sendiri bukan merupakan sebuah aplikasi, melainkan sebuah fitur baru yang disematkan di dalam Instagram Camera.

Serupa dengan TikTok, pengguna bisa membuat video pendek Reels diiringi dengan beragam musik, efek, serta tingkat kecepatan video langsung dari fitur kamera di aplikasi Instagram.

Baca juga: Instagram Berencana Sogok Influencer TikTok?

Nantinya, video Reels yang dibuat oleh pengguna bisa dibagikan ke teman-teman lewat fitur Instagram Stories, Feeds, ataupun Direct Message.

Apabila dibagikan di Instagram Stories, video Reels bakal hilang setelah 24 jam, sedangkan jika diunggah di Feed, video tersebut akan terpampang di halaman profil pengguna, sama seperti ketika mereka mengunggah sebuah foto atau konten IGTV.

Ilustrasi fitur Instagram Reels.Instagram Ilustrasi fitur Instagram Reels.

Pengguna lantas bisa mengatur apakah video Reels bisa dilihat orang lain (public) atau tidak (private). Jika bersifat publik, konten tersebut akan bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di fitur Explore.

Di halaman khusus tersebut, pengguna bisa melihat aneka konten Reels yang bisa ditelusuri dengan cara menggulirkan layar ke atas (scroll up), mirip fitur "For Your Page" di TikTok.

Meski terkesan meniru TikTok, Product Director Instagram Robby Stein mengklaim bahwa Reels berbeda dari aplikasi bikinan ByteDance. Ia mengakui bahwa TikTok memang pionir yang memopulerkan konten dengan format video pendek.

Baca juga: Setelah Instagram, Giliran Snapchat Tiru Fitur TikTok

"Menurut saya, TikTok layak dihargai karena telah memopulerkan format video pendek," kata Stein sebagaimana dikutip KompasTekno dari TheVerge, Kamis (6/8/2020).

"Tetapi, pada akhirnya, tidak ada dua produk yang sama persis, begitu juga produk kami (berbeda)," kilah Stein.

Instagram Reels sendiri saat ini telah digelontorkan secara bertahap di sekitar 50 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia, India, dan beberapa negara lainnya.

Namun, fitur tersebut agaknya belum hadir di Indonesia. Sebab, dari pantauan KompasTekno, Kamis (6/8/2020) pagi, fitur Reels belum muncul di Instagram Camera pada aplikasi Instagram, baik versi reguler maupun beta.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X