Instagram Berencana "Sogok" Influencer TikTok?

Kompas.com - 02/08/2020, 13:09 WIB
Instagram Reels techcrunch.comInstagram Reels
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com -  Instagram sedang bersiap meluncurkan Reels, layanan berbagi video pendek yang bakal menjadi pesaing TikTok. Reels bakal hadir pada awal bulan Agustus.

Belakangan, beredar kabar yang menyebutkan bahwa Instagram berencana "menyogok" para influencer TikTok supanya beralih mengisi konten di Reels. Instagram konon mengalokasikan dana senilai ratusan ribu dollar AS untuk keperluan tersebut.

Tak diketahui influencer mana saja di TikTok yang dibidik oleh Instagram. Yang jelas, apabila benar, maka rencana itu menggambarkan persaingan yang makin meruncing antara kedua media sosial.

Baca juga: TikTok Akan Bagi-bagi Uang Rp 2,9 Triliun untuk Kreator Konten

Di sisi lain, TikTok sendiri juga menerapkan taktik yang mirip, melalui program pembagian dana senilai 200 juta dollar AS (Rp 2,9 triliun) untuk mendukung pendapatan kreator konten di platform itu.

Reels memiliki fitur berbagi video pendek yang mirip TikTok. Bedanya, durasi maksimal video di Reels lebih pendek, yakni 15 detik, berbanding 60 detik di TikTok.

Saat ini Reels sedang diuji coba di India, Brazil, Perancis, dan Jerman. Nantinya Reels akan diintegrasikan di dalam Instagram Stories. Instagram mengatakan Reels bakal hadir di 50 negara di seluruh dunia, tapi tanggal resmi peluncurannya belum diungkap.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Minggu (2/7/2020), Instagram dan perusahaan induknya, Facebook, agaknya merasa terancam dengan popularitas TikTok yang terus menanjak.

Baca juga: Benarkah TikTok Mengirim Data Penggunanya ke China?

TikTok pada April lalu mencatat telah angka unduhan sebanyak lebih dari 2 miliar. Selain berhasil merengkuh para pengguna berusia muda, aplikasi ini juga menarik perhatian pemerintah AS karena dicurigai meneruskan informasi ke China.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X