Tanggal Ulang Tahun Google Beberapa Kali Berubah, Mana yang Benar?

Kompas.com - 27/09/2020, 16:18 WIB
Tangkapan beranda Google memperlihatkan Google Doodles ulang tahun ke-22 dari Google GoogleTangkapan beranda Google memperlihatkan Google Doodles ulang tahun ke-22 dari Google
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Lewat doodle hari ini, Minggu (27/9/2020), Google merayakan hari jadinya. Namun, tahukah Anda bahwa dulu tanggal ulang tahun Google bukan 27 September?

Menurut laman Wikipedia, Google resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Tapi, pada ulang tahunnya yang ke-5 atau tahun 2003, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda, yakni 8 September.

Baca juga: Ulang Tahun Hari Ini, Nama Google Ternyata Berasal dari Salah Ketik

Setahun kemudian, ulang tahun Google ke-6 dirayakan kembali di tanggal berbeda, yakni pada 7 September. Kemudian, pada 2005, hari ulang tahun Google kembali dirayakan di tanggal lain dari sebelumnya, 26 September.

Jadi, kapan sebenarnya Google berulang tahun? Dihimpun KompasTekno dari IBN Live, Minggu, (27/9/2020), awalnya raksasa teknologi itu memperingati hari lahirnya setiap pada 7 September.

Tanggal tersebut dianggap sebagai tanggal berdirinya perusahaan. Namun, tanggal itu kemudian diubah. Google menyatakan bahwa 4 September adalah tanggal berdirinya perusahaan.

Pada 2006, tanggal ulang tahun Google diundur menjadi 27 September. Tanggal itu dipilih oleh Google sebagai hari jadinya agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya saat itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Fitur Baru Google Maps Tampilkan Informasi Persebaran Pasien Covid-19

Google masih menjadikan tanggal 27 September sebagai hari jadinya hingga kini. Merayakan ulang tahunnya yang ke-22 tahun ini, Google menyajikan doodle bergambar mirip orang yang sedang video call bersama teman-teman, merujuk pada situasi pandemi Covid-19. 

Google didirikan oleh dua sahabat, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya membangun Google saat masih kuliah di Stanford University. Alamat "Google.com" terdaftar sejak 15 September 1997.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.