Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Kompas.com - Diperbarui 07/09/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi OS Windows 10. BloombergIlustrasi OS Windows 10.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pembaruan otomatis (automatic updates) biasanya bisa membuat komputer atau laptop lebih gesit dan aman. Namun, tak sedikit yang menganggap bahwa fitur tersebut sedikit mengganggu.

Masalah inilah yang kerap ditemukan oleh para pengguna Windows 10. Sistem operasi tersebut memang memiliki fitur pembaruan otomatis yang datangnya kerap tidak terduga.

Hal ini justru membuat para pengguna merasa tidak nyaman dengan keberadaan update otomatis di Windows 10.

Misalnya, apabila koneksi internet yang digunakan berasal dari ponsel (via tethering), maka update otomatis inibisa menguras kuota pengguna tanpa disadari.

Selain itu, fitur update secara berkala ini biasanya juga menunda proses restart dan shut down untuk menerapkan pembaruan, sehingga bisa mengganggu apabila pengguna perlu reboot dengan cepat.

Baca juga: Deretan Fitur Rahasia di Windows 10, Ada God Mode

Nah, kali ini KompasTekno ingin membahas cara atau trik untuk mematikan fitur automatic updates, terutama di komputer/laptop yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada dua yang bisa dilakukan, yakni menangguhkan update otomatis untuk sementara dan mematikan update otomatis secara permanen. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara menangguhkan update otomatis di Windows 10

  • Pertama-tama, klik menu "Start" kemudian masuk ke menu pengaturan (settings) dengan menekanklik ikon yang menyerupai "gir".
  • Atau bisa juga dengan mengetikkan kata kunci (keyword) "Settings" di kolom pencarian yang berada di sebelah tombol Start. Kemudian tekan tombol "Enter".
  • Nantinya, Anda akan disodori dengan berbagai menu pengaturan komputer. Di sini, pilih menu "Update & Security".
    Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih menu "Windows Update" di deretan menu yang terpampang di sebelah kiri.
  • Lalu, pilih menu "Advanced options" di tampilan sebelah kanan.
  • Nah, di halaman selanjutnya, Anda bisa mematikan beberapa opsi yang tersedia, seperti "Receive updates for other..." dan "Download updates over...", dengan cara meng-klik kedua tombol tersebut menjadi "Off".

    Baca juga: Touchpad Laptop Windows Bisa Berfungsi Seperti Macbook, Begini Caranya

  • Kemudian, Anda juga perlu menentukan sampai kapan automatic updates akan ditangguhkan lewat menu drop-down "Select date" yang ditandai di gambar di bawah.
    Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.

Perlu dicatat, Anda hanya bisa menangguhkan fitur ini selama 35 hari saja. Setelah lewat dari tenggat waktu tersebut, maka Anda diwajibkan untuk memperbarui komputer Anda, sebelum Anda bisa menonaktifkan fitur automatic updates kembali.

Baca juga: Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

Cara mematikan update otomatis Windows 10 secara permanen

Fitur automatic updates sendiri sejatinya bisa dimatikan secara permanen. Namun, caranya agak lebih sulit dibandingkan cara di atas.

  • Pertama-tama, klik menu "Start", ketik keyword "gpedit", dan klik tombol "Enter".
  • Di halaman selanjutnya, Anda bakal disodori dengan halaman yang bernama "Local Group Policy Editor".
  • Pada halaman tersebut, pilih menu "Computer Configurations" > "Administrative Templates" > "Windows Components" > dan "Windows Update". Deretan menu ini bisa diakses di sebelah kiri tampilan aplikasi Policy Editor tadi.
    Ilustrasi aplikasi Local Group Policy Editor untuk menonaktifkan automatic updates Windows10.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Local Group Policy Editor untuk menonaktifkan automatic updates Windows10.
  • Setelah itu, pilih menu "Configure Automatic Updates" di jendela sebelah kanan dan klik "Edit policy setting" yang terletak di antara deretan menu sebelah kiri dan kanan.
  • Di jendela pop-up yang muncul, pilih opsi "Disabled" dan klik tombol "Apply" dan "OK".
  • Selesai, Windows 10 Anda pun akan mengehentikan seluruh pembaruan yang dilakukan secara otomatis.

Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10 secara permanen.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10 secara permanen.

Dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Selasa (7/9/2021), apabila ingin melakukan pembaruan, Anda bisa kembali mengunjungi menu "Windows Update" yang ada di langkah awal tadi dan klik "Check for updates".

Perlu ditambahkan bahwa update Windows kerap berisi pembaruan penting untuk mengatasi bug atau celah keamanan. Karena itu, jikapun cara otomatis ditangguhkan atau dimatikan, jangan lupa untuk melakukan update rutin secara manual dengan "Check for updates" tadi.

Baca juga: Microsoft Tambal Celah Keamanan Windows yang Eksis 17 Tahun

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.