Qualcomm Luncurkan Ponsel Gaming Akhir Tahun?

Kompas.com - 08/10/2020, 16:31 WIB
Qualcomm Snapdragon cnet.comQualcomm Snapdragon

KOMPAS.com - Di ajang tahunan "Snapdragon Tech Summit" yang rencananya akan digelar pada Desember 2020, Qualcomm berencana memperkenalkan chipset terbarunya, Snapdragon 875.

Di acara yang sama, pabrikan chip asal AS ini konon juga akan memamerkan ponsel gaming buatan mereka sendiri. Dikabarkan, Qualcomm menggandeng vendor ponsel Asus untuk mendesain ponsel gaming ini.

Asus sendiri selama ini dikenal sebagai pabrikan gadget khusus gaming dengan merek Republic of Gamers (ROG), termasuk ponsel ROG Phone series.

Baca juga: Asus ROG Phone 3 Versi Resmi Terblokir, IMEI Diduga Tak Terdaftar

Keputusan Qualcomm menggandeng Asus pun dinilai tepat, terlebih karena Asus telah berpengalaman merancang ponsel gaming, salah satunya ROG Phone 3 yang pada bulan lalu resmi hadir di Indonesia.

Berbekal pengalamannya, Asus dipercaya dalam mengurus proses perancangan sektor hardware, sementara Qualcomm bertugas merancang "desain industri" dan pemilihan chipset ponsel.

Belum diketahui pasti seperti apa wujud serta spesifikasi ponsel gaming ini, namun Qualcomm diduga bakal menyematkan chipset termutakhir, Snapdragon 875 pada ponsel gaming perdananya itu.

Jika dilihat dari tren ponsel gaming belakangan, ponsel gaming Qualcomm diprediksi mengusung layar dengan refresh rate tinggi, fitur air trigger untuk menambah tombol khusus, sistem pendingin multilayer, serta baterai kapasitas besar.

Baca juga: Membuka Kemasan Asus ROG Phone 3 Versi Indonesia, Apa Saja Isinya?

Terkait tanggal peluncuran, beberapa rumor menyebut bahwa ponsel gaming Qualcomm baru akan dirilis pada kuartal I-2021.

Rumor tersebut terbilang masuk akal, mengingat Qualcomm umumnya meluncurkan chipset terbarunya di akhir kuartal IV atau awal kuartal I setiap tahunnya.

Dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (8/10/2020), Qualcomm dan Asus dikabarkan bakal memproduksi sekitar 1 juta unit ponsel gaming setiap tahunnya.

Adapun sebagian dari unit ponsel tersebut akan menggunakan merek Qualcomm, sementara 500.000 unit lainnya berada di bawah merek Asus ROG Phone.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X