Mati Lampu, Situs Pelita PLN Susah Diakses

Kompas.com - 01/11/2020, 14:12 WIB
Ilustrasi listrik ShutterstockIlustrasi listrik

KOMPAS.com - Minggu (1/11/2020) siang, netizen mengeluhkan mati lampu (listrik) di sejumlah wilayah, seperti di Jakarta, Bekasi, dan Depok terimbas oleh mati lampu (listrik) ini. Kata "Mati Lampu" juga menjadi trending di Twitter dalam satu jam terakhir.

PLN sebenarnya menyediakan situs internet khusus, agar pelanggan di wilayah Jakarta bisa memantau, daerah mana saja yang mengalami pemadaman mati lampu (listrik) atau gangguan.

Namun, pantauan KompasTekno, Minggu (1/11/2020) pukul 14.00 WIB, situs pelita.plnjaya.co.id tampak susah diakses, seperti loading yang lama, hingga menampilkan halaman putih bertuliskan "Situs ini tidak dapat dijangkau".

Baca juga: Pantau Informasi Mati Lampu Hari Ini di Jakarta dan Sekitarnya di Situs Ini

Belum diketahui mengapa situs cek mati listrik Pelita, yang menampilkan informasi pemadaman listrik secara real-time ini susah untuk diakses.

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan hal ini. Pertama server situs cek mati listrik PLN itu down karena tidak ada pasokan listrik, atau kedua karena banyaknya traffic yang mengunjungi situs tersebut. Pihak PLN sendiri belum memberikan keterangan resmi.

Ada kemungkinan situs tersebut kewalahan karena tidak bisa menampung serbuan pengguna yang ingin mengakses situs tersebut, untuk sekadar mengetahui status pemadaman listrik di masing-masing kawasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk informasi lebih lanjut, pengguna bisa bertanya seputar pemadaman listrik, melalui akun Facebook dan Twitter resmi PLN di handle @pln_123. Warga Jakarta juga bisa menghubungi kanal Jakarta Siaga di nomor 112, atau nomor telepon PLN di 123.

Untuk diketahui, situs PLN Pelita ini bisa dimanfaatkan untuk melihat persebaran pemadaman listrik di kawasan Jakarta. Peta ini dapat dipantau secara real-time melalui situs http://pelita.plnjaya.co.id/.

Baca juga: Pabrik Samsung Mati Lampu 30 Menit, Harga Chipset Dunia Melambung

Situs Pelita PLN menampilkan informasi jumlah wilayah yang tengah dilanda pemadaman listrik.

Sejumlah wilayah yang terdampak mati listrik juga akan diberi label warna masing-masing sesuai dengan kategori pemadaman.

Belum bisa diprediksi kapan situs ini dapat bisa kembali diakses dengan normal. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.