Kirim Pesan di Google Message Bisa Dijadwal

Kompas.com - 06/11/2020, 14:13 WIB
Google Message 9to5google.comGoogle Message

KOMPAS.com - Pengguna Android tentu tak asing dengan Google Messages. Aplikasi untuk mengirim SMS ini biasanya sudah tersedia secara default di dalam perangkat Android.

Setelah menghadirkan fitur Rich Communication Services (RCS) yang membuatnya bisa berkirim pesan secara gratis, Google kembali memperkaya fitur Messages miliknya.

Google kini mulai merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat menjadwalkan pesan yang ingin dikirim pada waktu tertentu.

Fitur bernama "Schedule Message" ini mempermudah pengguna untuk mencegah pesan-pesan penting yang sekiranya lupa terkirim.

Dengan begitu, pengguna bisa mengatur pesan sesuai tanggal dan waktu yang dikehendaki menggunakan fitur ini. Nantinya, pesan tersebut akan terkirim secara otomatis.

Fitur penjadwalan pesan ini pertama kali diungkap oleh seorang pengguna bernama Sai Reddy di media sosial Twitter.

Baca juga: SMS di Android Bisa Dipakai Chatting Seperti WhatsApp, Begini Caranya

Dalam kicauannya, Reddy membagikan tangkapan layar yang menampilkan opsi pengaturan untuk menjadwalkan pesan berikut keterangan waktu yang tersedia.

Untuk menjadwalkan pesan di Google Message pun caranya mudah. Setelah mengetik pesan di ruang obrolan, tahan tombol kirim hingga muncul pop-up "Schedule Message". Kemudian atur waktu yang dikehendaki seperti tanggal, hari, dan jam.

Fitur Schedule Message di aplikasi Google Messageandroidcentral.com Fitur Schedule Message di aplikasi Google Message
Setelah pengaturan waktu selesai, lalu tekan tombol "Save" dan pesan akan otomatis terjadwalkan sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (6/11/2020).

Penjadwalan pesan nantinya akan muncul tepat di atas kolom teks. Sebagai penanda, pesan yang dijadwalkan akan dilengkapi dengan ikon jam di samping kiri kolom teks.

Baca juga: SMS Spam Bisa Dilaporkan ke Kominfo, Begini Caranya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X