TikTok Beli Hak Cipta Musik dari Sony

Kompas.com - 05/11/2020, 17:06 WIB
Ilustrasi TikTok2 India TVNewsIlustrasi TikTok2

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi video pendek, TikTok, baru-baru ini menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Sony Music Entertaiment. TikTok membeli semua lisensi musik yang berada di bawah naungan label milik Sony Music Entertaiment.

Kesepakatan ini membuat perpustakaan musik TikTok menjadi lebih luas dan pengguna bisa memilih lagu yang lebih beragam. Pengguna juga lebih leluasa menggunakan lagu-lagu di bawah naungan Sony Records untuk konten yang mereka buat.

Kesepakatan ini juga mencakup musik yang berada di bawah label Columbia Records dan Radio American Records.

Baca juga: Daftar Paket Internet TikTok dari Telkomsel, Mulai Rp 4.000

Menurut sumber dekat industri, biaya hak cipta yang dibayar TikTok kepada Sony naik dengan signifikan. Namun, tidak dijelaskan secara rinci berapa biaya tersebut.

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Kamis (5/11/2020), kesepakatan itu membuat Sony bisa menggunakan TikTok untuk mempromosikan artis-artisnya. TikTok sendiri diibaratkan sebagai "rumah" bagi beragam konten viral di internet.

Kemitraan ini disepakati setelah kedua perusahaan bernegosiasi selama berbulan-bulan terkait perpanjangan kontrak. Selama masa negosiasi tersebut, TikTok harus menghadapi ancaman dari pemerintah Amerika Serikat (AS) yang mengancam memblokir TikTok.

Kendati demikian beberapa waktu lalu, hakim federal memblokir serangkaian pembatasan yang dilakukan pemerintah AS terhadap TikTok.

Baca juga: TikTok Ungkap Alasan Video Pengguna Dihapus

Saat ini, TikTok memiliki sekitar 700 juta pengguna di seluruh dunia. Pada awal tahun ini, TikTok juga menandatangani kesepakatan serupa dengan oraganisasi nirlaba yang berbasis di Inggris, Merlin.

TikTok juga menyepakati kemitraan dengan platform musik untuk artis independen yang berbasis di Paris, Believe. Kedua kemitraan tersebut dilakukan untuk memperluas perpustakaan musik TikTok.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X