Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Ulasan PS5, Bongsor tapi Senyap dan "Loading" Cepat

Kompas.com - 10/11/2020, 08:30 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsol game teranyar dari Sony, PlayStation 5 (PS5) bakal dirilis ke publik mulai 12 November mendatang di sejumlah negara, disusul dengan negara yang belum kebagian pada 19 November mendatang.

Meski demikian, beberapa media internasional telah mengulas konsol game suksesor PlayStation 4 (PS4) tersebut.

The Verge membahas performa PS5 untuk menjalankan aneka game yang dirilis pada saat peluncurannya nanti, berikut controller DualSense. Demikian juga dengan Tech Radar.

Kedua situs tersebut kompak mengomentari ukuran fisik PS5 yang disebut bongsor untuk ukuran konsol game masa kini, terutama kalau dibandingkan dengan pandehulunya.  PS5 memiliki panjang 26 cm, tinggi 39 cm, lebar 10,4, dan bobot 4,5 kg.

Baca juga: Sony Pastikan PS5 Bakal Masuk Indonesia

Ukurannya yang besar bisa menyulitkan pengguna saat mencari lokasi untuk menempatkan PS5. Desain PS5 juga berbeda dibandingkan PS4 yang dulu cenderung "kotak" dengan sudut-sudut kaku dan simetris.

Sisi samping pada konsol PS5 Taiwan NCC Sisi samping pada konsol PS5
Sisi-sisi konsol konsol tersebut tertutup panel plastik berwarna putih yang berdesain melengkung. Panel putih ini bisa dicopot untuk mengakses slot ekspansi SSD yang berada di baliknya, untuk keperluan menambah storage.

Sayangnya, pada saat peluncuran PS5 pada 12 November nanti, aksesori SSD tambahan ini belum akan tersedia, jadi pengguna harus mengandalkan internal storage (SSD) yang berkapasitas 825 GB.

Baca juga: Menerka Harga PS5 di Indonesia, Bakal Semahal Apa?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (10/11/2020), The Verge dan Tech Radar mencatat bahwa ruang kosong yang tersedia hanya sekitar 667 GB.

Panel tengah PS5 yang berwarna hitam antara lain memuat saluran ventilasi udara, port USB-A, port USB-C, port Ethernet, dan port HDMI 2.1 di bagian belakang. Di depan terdapat drive cakram Blu-ray untuk versi standar.

Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.Sony Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.

PS5 bisa diletakkan secara horisontal atau vertikal. Sebuah dudukan plastik hitam berbentuk bundar disediakan untuk penempatan dalam dua posisi itu.

Loading game cepat dan senyap

Dibanding pendahulunya, salah satu peningkatan PS5 yang paling mencolok adalah waktu loading game yang jauh lebih singkat karena menggunakan media penyimpanan berbasis SSD, bukan HDD seperti di PS4.

TheVerge mengatakan game Marvel's Spider-Man: Miles Morales bisa dimuat dalam waktu hanya 17 detik. Di PS4, waktu yang dibutuhkan untuk memuat game dengan judul yang sama mencapai 1 menit 27 detik.

Perbandingan waktu loading game yang sama di PS4 dan PS5.TheVerge Perbandingan waktu loading game yang sama di PS4 dan PS5.

Judul-judul game lain secara umum juga mencatat waktu loading yang lebih singkat, seperti Final Fantasy VII Remake yang bisa dimuat dalam waktu 35 detik, Death Stranding 54 detik, serta Genshin Impact 59 detik.

PS5 kini menggunakan AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz, RAM 16 GB, serta pengolah grafis AMD RDNA 2 dengan 36 compute units (CUs) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops.

Baca juga: YouTuber Bagikan Kesan Saat Membuka Kardus PlayStation 5

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com