Rangkuman Ulasan PS5, Bongsor tapi Senyap dan "Loading" Cepat

Kompas.com - 10/11/2020, 08:30 WIB
PlayStation 5 (PS5). Blog Sony PlayStationPlayStation 5 (PS5).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Konsol game teranyar dari Sony, PlayStation 5 ( PS5) bakal dirilis ke publik mulai 12 November mendatang di sejumlah negara, disusul dengan negara yang belum kebagian pada 19 November mendatang.

Meski demikian, beberapa media internasional telah mengulas konsol game suksesor PlayStation 4 ( PS4) tersebut.

The Verge membahas performa PS5 untuk menjalankan aneka game yang dirilis pada saat peluncurannya nanti, berikut controller DualSense. Demikian juga dengan Tech Radar.

Kedua situs tersebut kompak mengomentari ukuran fisik PS5 yang disebut bongsor untuk ukuran konsol game masa kini, terutama kalau dibandingkan dengan pandehulunya.  PS5 memiliki panjang 26 cm, tinggi 39 cm, lebar 10,4, dan bobot 4,5 kg.

Baca juga: Sony Pastikan PS5 Bakal Masuk Indonesia

Ukurannya yang besar bisa menyulitkan pengguna saat mencari lokasi untuk menempatkan PS5. Desain PS5 juga berbeda dibandingkan PS4 yang dulu cenderung "kotak" dengan sudut-sudut kaku dan simetris.

Sisi samping pada konsol PS5 Taiwan NCC Sisi samping pada konsol PS5
Sisi-sisi konsol konsol tersebut tertutup panel plastik berwarna putih yang berdesain melengkung. Panel putih ini bisa dicopot untuk mengakses slot ekspansi SSD yang berada di baliknya, untuk keperluan menambah storage.

Sayangnya, pada saat peluncuran PS5 pada 12 November nanti, aksesori SSD tambahan ini belum akan tersedia, jadi pengguna harus mengandalkan internal storage (SSD) yang berkapasitas 825 GB.

Baca juga: Menerka Harga PS5 di Indonesia, Bakal Semahal Apa?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (10/11/2020), The Verge dan Tech Radar mencatat bahwa ruang kosong yang tersedia hanya sekitar 667 GB.

Panel tengah PS5 yang berwarna hitam antara lain memuat saluran ventilasi udara, port USB-A, port USB-C, port Ethernet, dan port HDMI 2.1 di bagian belakang. Di depan terdapat drive cakram Blu-ray untuk versi standar.

Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.Sony Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.

PS5 bisa diletakkan secara horisontal atau vertikal. Sebuah dudukan plastik hitam berbentuk bundar disediakan untuk penempatan dalam dua posisi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X