Sony Pastikan PS5 Bakal Masuk Indonesia

Kompas.com - 17/09/2020, 15:27 WIB
PlayStation 5 (PS5). Blog Sony PlayStationPlayStation 5 (PS5).

KOMPAS.com - Sony mengonfirmasi bahwa konsol game terbaru, PlayStation 5 ( PS5) bakal resmi dipasarkan di Indonesia. Kepastian itu didapat dari perwakilan Sony di Singapura, yakni Sony Interactive Entertainment Singapore (SIES).

"Saat ini, kami hanya dapat mengonfirmasi bahwa PS5 (dipastikan) akan tersedia di Indonesia," kata Ian Purnomo, Public Relations & Developer Relations, SIES dikonfirmasi KompasTekno, Kamis (17/9/2020).

PlayStation 5 bakal tersedia pada 12 November di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, disusul dengan negara lainnya pada 19 November mendatang.

Lantas, apakah Indonesia termasuk dalam daftar negara lain yang kebagian tanggal peluncuran 19 November itu?

Baca juga: Riset Ungkap Pemain Xbox Lebih Agresif daripada PlayStation

"Terkait tanggal (peluncuran), saat ini kami dalam tahapan mempersiapkan peluncurannya. SIES akan mengumumkan tanggal peluncuran, harga, dan pre-order pada waktunya," imbuh Ian.

PlayStation 5 sendiri secara resmi dikenalkan oleh Sony lewat acara "PlayStation 5 Showcase" yang digelar secara online pada Kamis (17/9/2020) dinihari WIB.

PS5 bakal dipasarkan dalam dua model, yakni versi standar yang dibanderol dengan harga 500 dolar AS (sekitar Rp 7,3 juta), serta versi digital (Digital Edition) yang dijual dengan harga 400 dolar AS (sekitar Rp 5,9 juta).

Sedikit membahas spesifikasi PS5, konsol generasi teranyar dari Sony ini dibekali dengan kemampuan hardware yang lebih mumpuni dibanding pendahulunya, PS4.

Dapur pacu PS5 mengandalkan 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz, lebih tinggi dibanding PS4 sebelumnya yang ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz. Kapasitas RAM PS5 juga dua kali lebih besar dibanding PS4, yakni 16 GB.

Baca juga: Xbox Series S Disebut Lebih Murah tapi Lebih Kencang dari PS5

Kemampuan olah grafis PS5 mendapat peningkatan besar dengan GPU AMD yang memiliki 36 compute units (CUs) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops (TFLOPs), jauh meningkat dari GPU PS4 dengan 18 CUs dan daya komputasi 1,84 TFLOPs.

Media penyimpanan PS5 pun kini sudah beralih menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4. Walhasil, waktu loading game bisa dipersingkat.

Adapun SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan. Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar 4K.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X