Satu Dekade Beroperasi, Gojek Punya 2 Juta Mitra Pengemudi di Asia Tenggara

Kompas.com - 12/11/2020, 18:09 WIB
Ilustrasi Gojek. Dok Humas GojekIlustrasi Gojek.

KOMPAS.com - Perusahaan ride-hailing asal Indonesia, Gojek, menginjak usia 10 tahun. Dalam satu dekade, ada banyak perubahan dan pertumbuhan yang berhasil dicapai.

Salah satunya adalah jumlah mitra yang tumbuh signifikan. Menurut Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo, di usia yang ke 10 ini, Gojek memiliki sebanyak lebih dari 2 juta mitra di seluruh Asia Tenggara.

Andre mengatakan, angka tersebut di luar ekspektasi. Menurut Andre, saat Gojek masih berupa layanan call center ojek di Jakarta, jumlah mitra yang bekerja sama dengan Gojek bisa dihitung dengan jari.

"Hanya 20 mitra pada tahun 2010,.Sampai sekarang, sudah ada lebih dari dua juta mitra di seluruh Asia Tenggara. Pada saat itu kami hanya layanan call center ojek di Jakarta dan sekarang menjadi aplikasi super yang beroperasi di empat negara di Asia Tenggara dengan lebih dari 20 layanan," kata Andre.

Selain dua juta mitra ojek, Gojek juga kini memiliki sebanyak 900.000 merchant. Menurut Co-CEO Gojek Kevin Aluwi, Gojek melakukan strategi yang bisa mendongkrak pertumbuhan perusahaan.

Baca juga: Telkomsel Disebut Siapkan Rp 2,1 Triliun untuk Investasi ke Gojek

"Awal-awal kita tidak menyangka dapat membawa Gojek menjadi perusahaan mancanegara yang bisa membanggakan Indonesia," ungkap Kevin Aluwi dalam konferensi pers Hari Jadi ke-10 Gojek, Kamis (12/11/2020).

Selain peningkatan jumlah mitra dan merchant selama 10 tahun terakhir Gojek pun telah mendapat sejumlah pencapaian, yaitu sebagai berikut:

1. 2017, Gojek menjadi satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang masuk daftar "50 Companies That Changed The World" versi majalah Fortune.

2. 2017, GoPay dinobatkan sebagai Perusahaan Teknologi Finansial yang paling proaktif dalam mendukung gerakan nasional Non-Tunai oleh Bank Indonesia.

3. Pendiri Gojek, Nadiem Makarim masuk dalam daftar "2018 Bloomberg 50" sebagai tokoh bisnis paling berpengaruh di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X