Tahun Depan, Penyimpanan "Unlimited" di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Kompas.com - 12/11/2020, 13:52 WIB
ilustrasi Google Photos businessinsider.comilustrasi Google Photos

KOMPAS.com - Google Photos akan tidak akan lagi memberikan ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) secara cuma-cuma untuk menyimpan foto dan video.

Mulai 1 Juni 2021 mendatang, ruang penyimpanan gratis yang tersedia hanya 15 GB. Lebih dari itu, pengguna harus membayar untuk menambah ruang penyimpanan.

Menurut Google melalui blog resmi, saat ini ada lebih dari 4 triliun foto disimpan di Google Photos, dan setiap minggunya 28 miliar foto dan video baru diunggah.

"Untuk menyambut lebih banyak memori Anda dan membangung Google Photo di kemudian hari, kami mengubah kebijakan penyimpanan 'berkualitas tinggi' tak terbatas kami," tulis Google.

Semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum tanggal 1 Juni 2021 belum terdampak perubahan kebijakan ini.

Sehingga, tidak akan mengurangi penyimpanan kapasitas 15 GB yang akan datang. Pembatasan ini tampaknya tidak akan berlaku bagi pengguna Google Pixel.

Baca juga: Google Photos Kini Bisa Beri Tahu Pengguna Cara Edit Foto yang Bagus

Mereka tetap bisa menyimpan foto dengan "kualitas tinggi" (bukan asli) secara gratis tanpa batasan setelah 1 Juni 2021. Google mengatakan, 80 persen pengguna Google Photos tidak akan menyentuh kapasitas 15 GB setidaknya hingga tiga tahun.

Selama lima tahun terakhir, Google Photos menawarkan penyimpanan unlimited secara gratis untuk menyimpan foto berkualitas tinggi.

Setelah perubahan ini berlaku, Google akan memberikan peringatan bagi pengguna bahwa kapasitas penyimpanan gratis hampir mencapai 15 GB.

Google juga telah menyediakan fitur untuk mengatur penyimpanan di Google Photos, termasuk cara untuk membuat pengguna mudah menemukan dan menghapus foto yang tidak lagi diinginkan. Seperti misalnya foto blur atau tangkapan layar (screenshot).

Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X