Google Maps Punya Fitur Baru yang Mirip Media Sosial

Kompas.com - 05/12/2020, 08:06 WIB
ilustrasi Google Maps The Vergeilustrasi Google Maps
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google kembali menyalurkan fitur baru aplikasi navigasi buatannya, Maps. Yang terbaru, startup asal Mountain View, California, Amerika Serikat tersebut menghadirkan fitur bernama "Community Feed" yang fungsinya mirip dengan media sosial.

Community Feed memungkinkan pengguna mengikuti (follow) para pemilik bisnis, serta pengulas (reviewer) restoran atau tempat yang berkontribusi di platform Maps.

Baca juga: Update Google Maps Ada Rute Khusus Untuk Pesepeda

Tak cuma itu, pengguna juga bisa melihat dan menyukai (like) sederet unggahan atau beragam foto teranyar dari orang yang mereka ikuti dalam satu tampilan dengan hanya mengusap layar.

Unggahan yang ditampilkan di Community Feed bisa berupa ulasan sebuah tempat, promo dari pemilik bisnis, menu baru dari sebuah restoran, toko terdekat yang baru buka, dan lain sebagainya.

Tampilan Community Feed yang menampung seluruh unggahan dan ulasan dari para kontributor Google Maps.Google Tampilan Community Feed yang menampung seluruh unggahan dan ulasan dari para kontributor Google Maps.
Menurut Google, berbagai posting ini bakal disesuaikan dengan minat dan ketertarikan pengguna, sehingga akan tetap relevan.

Misalnya, apabila pengguna doyan mencari restoran yang menyediakan berbagai menu khas India, maka mereka bakal direkomendasikan dengan beragam posting yang terkait dengan India pula, baik itu restoran, menu baru, ulasan, dan sebagainya.

Selain bertujuan untuk mempermudah pengguna, fitur Community Feed ini juga dihadirkan demi membantu para pemilik bisnis untuk berkembang dan didatangi oleh lebih banyak pelanggan.

Berdasarkan uji coba tahap awal, kehadiran Community Feed diklaim terbukti mampu untuk meningkatkan awareness atas suatu postingan yang diunggah oleh pemilik bisnis hingga dua kali lipat.

Cara melihat konten Community Feed

Cara melihat postingan Community Feed di Google Maps.Google Cara melihat postingan Community Feed di Google Maps.

Nah, untuk melihat unggahan di Community Feed, pengguna bisa langsung mengunjungi tab Explore yang terletak di pojok kiri bawah tampilan Maps. Lalu, geser titik Maps ke lokasi yang diinginkan. 

Kemudian, pengguna bisa mengusap layar ke atas, tepat di bagian judul (header) "Latest in .... (nama tempat)", seperti gambar di atas.

Baca juga: Google Maps Versi Gelap Mulai Disebar di Android

Nantinya, pengguna akan bisa melihat dan memberikan like pada beragam posting di dalam Community Feed, serta mengikuti sejumlah kontributor yang diinginkan dengan meng-klik tombol "Follow".

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogGoogle, Kamis (3/12/2020), fitur Community Feed sudah digelontorkan secara global dan bertahap ke pengguna Maps versi Android dan iOS mulai hari ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X