Update Google Maps Ada Rute Khusus Untuk Pesepeda

Kompas.com - 28/10/2020, 07:05 WIB
ilustrasi Google Maps cnet.comilustrasi Google Maps

KOMPAS.com - Google memberikan update aplikasi Google Maps. Kini pengguna bisa memilih rute perjalanan, khusus untuk pengendara sepeda.

Dengan memanfaatkan kombinasi teknologi algoritma kecerdasan buatan ( AI) dan data crowdsourced, Google Maps kini bisa menyajikan rute-rute bersepeda yang diklaim aman dan ramah untuk pesepeda.

Rute bersepeda akan muncul setelah pengguna memilih tujuan dan menekan tombol Direction. Menu sepeda akan disajikan di deretan atas, bersamaan dengan menu rute untuk mobil, angkutan umum, dan pejalan kaki.

Baca juga: Akurasi Google Maps di Wilayah Jakarta Naik 22 Persen

Saat berita ini ditayangkan, KompasTekno belum menemukan fitur ini di Google Maps (versi 10.53.1) di Indonesia.

Salah satu rute khusus pengendara sepeda yang baru saja ditambahkan ke dalam Google MapsTransport Sydney Salah satu rute khusus pengendara sepeda yang baru saja ditambahkan ke dalam Google Maps

Belum diketahui seberapa lengkap rute yang berhasil disajikan oleh Google Maps, namun kabarnya pembaruan ini hanya mencakup rute-rute baru yang tersebar di sejumlah kota besar di dunia saja.

Di beberapa kota tertentu, Google Maps bahkan mampu memberikan informasi terkait tempat penyewaan sepeda. Alhasil pengguna dapat dengan mudah menyewa dan berkendara menggunakan sepeda.

Hadirnya pembaruan ini sejalan dengan meningkatnya aktivitas bersepeda yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Belakangan, kegiatan bersepeda telah menjadi tren olahraga yang banyak digemari masyarakat dibanyak negara, tak terkecuali di Indonesia.

Baca juga: Google Maps Tandai Restoran yang Layani Pesan Antar Makanan

Sejak pandemi Covid-19 dimulai pada Februari lalu, Google mencatat kenaikan jumlah pengguna sepeda yang meningkat hampir 69 persen.

Manajer produk Google Maps, Vishal Dutta menyebut bahwa Google senantiasa memberikan dukungan kepada para pengendara sepeda yang beraktivitas selama pandemi Covid-19.

"Kami bertujuan untuk mempermudah akses para pengendara sepeda, baik ketika bepergian ke kantor atau sekedar berolahraga selama pandemi Covid-19," kata Dutta sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Rabu (28/10/2020).

Untuk menjaga rute sepeda agar tetap up-to-date dengan perubahan di lokasi, misalnya jalur yang diperlebar di suatu kota, Google mengajak pemerintah setempat untuk berbagi data geografis wilayahnya lewat tool yang disediakan.



Sumber GizChina
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X