Beda Google Duo di Samsung Galaxy S21 dengan Ponsel Android Lain

Kompas.com - 25/01/2021, 08:17 WIB
Kerja sama Samsung dan Google menyematkan Google Duo di dalam perangkat Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. YouTube/SamsungKerja sama Samsung dan Google menyematkan Google Duo di dalam perangkat Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip.

KOMPAS.com - Sebagai lini ponsel teratas Samsung, seri Galaxy S selain mengusung sejumlah peningkatan, juga dibekali dengan fitur-fitur eksklusif yang belum tentu tersedia di ponsel Android lain.

Begitu pula dengan Samsung Galaxy S21. Ponsel flagship terbaru dari pabrikan Korea Selatan itu turut mendapatkan akses ke fitur eksklusif "auto-framing", yang ada pada aplikasi teleconference, Google Duo.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (25/1/2021), fitur ini baru akan tersedia pada akhir Januari 2021.

Baca juga: Jumlah Pre-order Galaxy S21 Diklaim Lampaui Galaxy S20

Sebagai informasi, sesuai dengan namanya, fitur auto-framing di Google Duo memungkinkan kamera memposisikan wajah pengguna berada di tengah secara proporsional, ketika sedang melakukan panggilan video.

Fitur ini akan secara otomatis melakukan zoom in ke wajah pengguna ketika pengguna menjauh dari ponsel, selama wajah pengguna tetap berada dalam jarak pandang kamera.

Ketika ada orang lain yang ikut berdiri atau duduk di sebelah pengguna, fitur auto-framing ini secara otomatis juga akan melakukan zoom out agar kedua objek yang terdeteksi tetap berada di tengah bingkai video.

Pihak Android juga telah mengonfirmasi kabar diboyongnya fitur auto-framing ke lini Samsung Galaxy S21, melalui sebuah kicauan di akun Twitter-nya.

Baca juga: Melihat dari Dekat Ponsel dan Kotak Tipis Samsung Galaxy S21 Ultra

"Tingkatkan obrolan video Anda dengan fitur pembingkaian otomatis (auto framing) di Google Duo, sehingga Anda dapat tampil terbaik saat bertemu dengan orang-orang yang paling penting," kicau akun dengan handle Android tersebut.

Mengapa fitur auto-framing terbilang eksklusif? Hal ini karena sejatinya fitur ini awalnya hanya tersedia untuk ponsel besutan Google, Pixel 4.

Namun, sebagaimana dihimpun dari Sammobile, fitur ini beberapa waktu lalu juga sempat diboyong ke seri Galaxy S20.

Sebagai informasi tambahan, lini Galaxy S21 sudah resmi diluncurkan di Indonesia. Keran pre-order Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21Ultra juga masih dibuka hingga 27 Januari 2021.

Baca juga: Video: Unboxing Samsung Galaxy S21+ Resmi Indonesia, Tidak Ada Earphone dan Charger

Dari ketiga model, Galaxy S21 Ultra membawa dibekali dengan berbagai peningkatan atau fitur yang tidak ada pada dua saudara kandungnya.

Misalnya Galaxy S21 Ultra memiliki konfigurasi empat kamera, termasuk kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan dua kamera telefoto zoom optis 3x dan 10x, yang masing-masing beresolusi 10 MP.

Selain itu, Galaxy S21 Ultra juga mendukung fitur stylus S-Pen, fitur yang selama ini hanya tersedia di lini Galaxy Note.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X