Kompas.com - 29/01/2021, 07:08 WIB
iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro cnet.comiPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro

KOMPAS.com - Pengguna perangkat Apple kian meningkat. Menurut CEO Apple, Tim Cook, saat ini ada sebanyak 1,65 miliar perangkat Apple yang aktif di seluruh dunia.

Angka ini, menurut Cook, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 1,5 miliar. iPhone menjadi perangkat yang berkontribusi paling besar, dengan angka lebih dari 1 miliar perangkat aktif.

Cook menambahkan, jumlah tersebut meningkat dari 2019 lalu di mana tercatat ada sebanyak 900 juta iPhone yang aktif. Meski demikian, ia tidak merinci berapa jumlah pastinya.

Bicara mengenai jumlah perangkat yang aktif, tentu berhubungan erat dengan angka penjualan. Cook mengatakan bahwa China menjadi salah satu negara yang berkontribusi besar atas pencapaian ini.

Cook mengklaim, jumlah penjualan iPhone di China secara keseluruhan naik 57 persen. Di sana, Apple berhasil membukukan pendapatan 21,31 miliar dollar AS (sekitar Rp 301 triliun).

Tim Cook menambahkan bahwa penjualan Mac, iPad, dan model iPhone 12 Pro semuanya mengalami "kendala pasokan". Dia mengatakan bahwa kondisi “semikonduktor sangat ketat” tetapi area lain dari rantai pasokan membantu menutup masalah tersebut. 

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.4 dan iPadOS 14.4, Ini Fitur Barunya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

iPhone juga diketahui menjadi penyumbang terbesar dari total pendapatan pada kuartal pertama (Q1) 2021, terutama jajaran iPhone 12 5G.

Apple sendiri baru-baru ini melaporkan hasil pendapatan perusahaannya untuk Q1 2021.

Di tengah pandemi Covid-19, Apple mencetak rekor pendapatan mencapai 111.44 miliar dollar AS (kira-kira Rp 1.572,2 triliun). Angka tersebut naik sebesar 21 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Jumat (29/1/2021), secara kumulatif, penjualan iPhone tercatat mencapai 65,60 miliar dollar AS (sekitar Rp 926,6 triliun) pada periode ini.

Halaman:


Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.