Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live Rooms Resmi Hadir di Instagram, Live Streaming Bisa 4 Orang

Kompas.com - 02/03/2021, 11:06 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada Desember 2020 lalu, Live Rooms kini mulai disalurkan oleh Instagram untuk seluruh penggunanya. Fitur ini sudah tersedia di versi Instagram terbaru.

"Hari ini, kami meluncurkan Live Rooms yang memberikan Anda ruang untuk melakukan Live Streaming bersama tiga orang lainnya," tulis Instagram dalam blog resminya.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna dapat melakukan Live Streaming dengan tiga teman lainnya (akun) dalam satu sesi.

Baca juga: 5 Fitur Instagram Ini Jarang Diketahui tapi Berguna

Awalnya, siaran langsung di Instagram Live hanya bisa dilakukan oleh maksimal dua pengguna secara bersamaan. Kini, sejak hadirnya Live Rooms, tampilan Instagram Live memiliki empat jendela dalam satu layar yang akan diisi oleh empat pengguna sekaligus.

Peluncuran fitur Live Rooms bukanlah tanpa alasan. Instagram mengatakan bahwa Live Rooms hadir sejalan dengan meningkatnya tren live streaming selama pandemi Covid-19.

Pasalnya, saat ini platform digital menjadi solusi dan penunjang aktivitas banyak orang selama berada di rumah. Salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah tatap muka secara virtual melalui Live Streaming.

"Sejak awal pandemi Covid-19, kami melihat banyak orang di Instagram memanfaatkan fitur Instagram Live untuk beberapa hal seperti perbincangan mengenai kesehatan, pedoman Covid-19, wawancara dengan selebritas, atau challenge tertentu," kata Instagram.

Badges untuk monetisasi live streaming Instagram

Instagram juga turut menghadirkan fitur bernama Badges di dalam Live Rooms. Fitur Badges ini merupakan bentuk dukungan kepada para content creator serta membuka ladang monetisasi baru.

Fitur Badges memungkinkan kreator untuk memanen pendapatan dari penjualan lencana saat melakukan tayangan live streaming.

Badges atau lencana bisa dibeli saat influencer atau konten kreator melakukan live streaming sebagai cara bagi followers mereka untuk menunjukkan dukungannya, mirip seperti fitur Tip yang ada di Twitch dan YouTube.

Baca juga: Tanda-tanda Instagram Reels Masuk ke Indonesia

Selain itu, Live Rooms turut dibekali dengan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna dapat menyembunyikan komentar negatif saat Live Streaming berlangsung.

Pengguna yang berperan sebagai host juga diberikan wewenang untuk memblokir pengguna (viewers) tertentu dan membatasi siapa saja yang boleh bergabung dalam sesi Live Streaming.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Instagram, Selasa (2/3/2021), penonton yang dianggap melanggar Pedoman Komunitas Instagram pun juga tidak diizinkan untuk bergabung dalam Live Rooms.

Untuk memperoleh fitur Live Rooms dan Badges, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu lewat toko aplikasi Google Play Store untuk Android di tautan berikut, dan App Store untuk iOS di link ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com