Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Kini Bisa Mute Video Sebelum Dikirim

Kompas.com - 02/03/2021, 09:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - WhatsApp kembali kedatangan fitur baru. Kali ini, pengguna bisa mematikan suara (mute) dalam sebuah video sebelum dibagikan ke pengguna lain, grup, atau status WhatsApp.

Sebelumnya, semua video yang dikirimkan melalui WhatsApp (tidak termasuk video berformat GIF) disertai dengan suara secara default dan tidak bisa di-mute.

Fitur ini bisa dibilang berguna bagi sejumlah orang. Sebab, video yang ingin dikirimkan bisa saja memiliki kualitas audio yang kurang baik sampai-sampai dianggap mengganggu.

Pembaruan ini sendiri diumumkan WhatsApp melalui sebuah postingan di jejaring sosial Twitter belum lama ini.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (2/3/2021), fitur mute video ini sudah bisa dijajal di aplikasi WhatsApp Android versi 2.21.3.19.

Baca juga: Pemberitahuan WhatsApp Kembali Muncul di Aplikasi, Setujui atau Terblokir

Apabila pengguna masih menggunakan WhatsApp versi di bawahnya, maka pengguna smartphone Android bisa memperbarui aplikasi melalui tautan berikut.

Nantinya, pengguna bakal bisa menghilangkan suara dalam video dengan mengeklik ikon yang menyerupai speaker sebelum membagikan ke percakapan atau status WhatsApp.

Ikon ini terletak tepat di sebelah kiri atas, berdekatan dengan informasi durasi video yang hendak diunggah, sebagaimana ikon yang dilingkari berikut ini.

Fitur video yang bisa di-mute sebelum dikirim di WhatsApp.KOMPAS.com/Bill Clinten Fitur video yang bisa di-mute sebelum dikirim di WhatsApp.

Ikon speaker dengan garis coretan menandakan bahwa suara video akan dimatikan saat video tersebut dikirim. Namun, jika tidak ada garis coretan pada ikon tersebut, maka video tersebut masih memiliki suara saat dikirim.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digit.in, Selasa (2/3/2021), fitur mute suara dalam video ini baru tersedia di WhatsApp Android versi 2.21.3.19. Belum ada informasi kapan fitur ini bakal menyambangi WhatsApp versi iOS. Kita nantikan saja.

Baca juga: Genap Berusia 12 Tahun, WhatsApp Ingatkan Pengguna Soal Privasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber digit.in
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com