WhatsApp Kini Bisa Mute Video Sebelum Dikirim

Kompas.com - 02/03/2021, 09:04 WIB
Ilustrasi WhatsApp. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi WhatsApp.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - WhatsApp kembali kedatangan fitur baru. Kali ini, pengguna bisa mematikan suara (mute) dalam sebuah video sebelum dibagikan ke pengguna lain, grup, atau status WhatsApp.

Sebelumnya, semua video yang dikirimkan melalui WhatsApp (tidak termasuk video berformat GIF) disertai dengan suara secara default dan tidak bisa di-mute.

Fitur ini bisa dibilang berguna bagi sejumlah orang. Sebab, video yang ingin dikirimkan bisa saja memiliki kualitas audio yang kurang baik sampai-sampai dianggap mengganggu.

Pembaruan ini sendiri diumumkan WhatsApp melalui sebuah postingan di jejaring sosial Twitter belum lama ini.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (2/3/2021), fitur mute video ini sudah bisa dijajal di aplikasi WhatsApp Android versi 2.21.3.19.

Baca juga: Pemberitahuan WhatsApp Kembali Muncul di Aplikasi, Setujui atau Terblokir

Apabila pengguna masih menggunakan WhatsApp versi di bawahnya, maka pengguna smartphone Android bisa memperbarui aplikasi melalui tautan berikut.

Nantinya, pengguna bakal bisa menghilangkan suara dalam video dengan mengeklik ikon yang menyerupai speaker sebelum membagikan ke percakapan atau status WhatsApp.

Ikon ini terletak tepat di sebelah kiri atas, berdekatan dengan informasi durasi video yang hendak diunggah, sebagaimana ikon yang dilingkari berikut ini.

Fitur video yang bisa di-mute sebelum dikirim di WhatsApp.KOMPAS.com/Bill Clinten Fitur video yang bisa di-mute sebelum dikirim di WhatsApp.

Ikon speaker dengan garis coretan menandakan bahwa suara video akan dimatikan saat video tersebut dikirim. Namun, jika tidak ada garis coretan pada ikon tersebut, maka video tersebut masih memiliki suara saat dikirim.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digit.in, Selasa (2/3/2021), fitur mute suara dalam video ini baru tersedia di WhatsApp Android versi 2.21.3.19. Belum ada informasi kapan fitur ini bakal menyambangi WhatsApp versi iOS. Kita nantikan saja.

Baca juga: Genap Berusia 12 Tahun, WhatsApp Ingatkan Pengguna Soal Privasi



Sumber digit.in
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X