Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi dengan Ponsel

Kompas.com - 05/04/2021, 15:20 WIB
Kamera tersembunyi. ShutterstockKamera tersembunyi.

KOMPAS.com - Kamera pengintai seperti CCTV sejatinya dibutuhkan untuk membantu meningkatkan keamanan rumah atau lingkungan sekitar. Namun, ada saja yang menyalahgunakannya untuk tujuan negatif seperti mengintai orang lain.

 Dalam beberapa kasus, kamera pengintai tersembunyi ditemukan di lokasi pribadi di tempat umum, seperti toilet umum atau kamar pas di dalam mal atau toko baju.

Baca juga: Satu Keluarga Diintip Kamera Tersembunyi di Penginapan Airbnb

Untuk meningkatkan kewaspadaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak kamera pengintai tersembunyi menggunakan smartphone baik Android maupun iOS.

1.Melakukan panggilan telepon seluler

Cara paling mudah dan cepat yang bisa dilakukan untuk melacak kamera pengintai tersembunyi menggunakan ponsel adalah dengan melakukan panggilan seluler.

Umumnya, kamera pengintai tersembunyi akan mengeluarkan frekuensi radio khusus. Saat ada panggilan seluler, frekuensi tersebut akan mengganggu sinyal panggilan seluler.

Apabila Anda mendeteksi sinyal yang tidak stabil atau tersendat di posisi tertentu, Anda bisa mulai curiga barangkali ada kamera pengintai tersembunyi di titik tersebut.

Perlu diingat, cara ini butuh kejelian dan kurang akurat. Sebab, dalam area tertentu bisa jadi sinyal seluler memang sulit diakses.

2. Memindai Wi-Fi

Ada aplikasi pemindai Wi-Fi yang bisa mendeteksi kamera pengintai tersembunyi. Salah satunya adalah Fing yang tersedia di Apple App Store maupun Google Play Store.

Fing akan memindai seluruh perangkat yang menggunakan sebuah jaringan Wi-Fi. Sebab, kamera pengintai biasanya terhubung dengan jaringan Wi-Fi untuk menayangkan gambar secara real time.

Baca juga: Hacker Jual Ribuan Rekaman Video dari Kamera Pengawas

Ketika menggunakan aplikasi ini, sebaiknya matikan koneksi Wi-Fi di perangkat lain yang sedang tak digunakan supaya kamera pengawas bisa dideteksi dengan lebih mudah.

Setelah memindai area, aplikasi Fing akan menampilkan beberapa perangkat yang sedang terhubung dengan WiFi. Biasanya, perangkat berjenis kamera akan memiliki keterangan "IP Camera..." dan menampilkan nama manufakturnya, seperti Nest, Arlo, atau Wyze.

3. Gunakan aplikasi pendeteksi

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pendeksi kamera pengintai tersembunyi. Ada beberapa aplikasi yang kompatibel dengan iOS maupun Android dan mudah diunduh di Google Play Store maupun App Store.

Baca juga: 5 Kamera Pengawas yang Bisa Dikendalikan dari Smartphone

Misalnya aplikasi Hidden Camera Detector, yang akan memberi tanda dan bunyi alarm jika mendeteksi infra merah dari kamera pengintai. Kemudian ada aplikasi Glint Finder. Aplikasi ini menggunakan flash kamera ponsel untuk mendeteksi obyek berkilau seperti lensa kamera.

Pengguna kemudian akan diberi notifikasi jika ada risiko dirinya sedang diintai kamera tersembunyi. Ada pula apikasi lain serupa seperti Wireless Camera Detector atau Detectify Hidden Device Detector.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X