Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy M32, Dibekali Chip MediaTek dan Baterai Jumbo

Kompas.com - 12/06/2021, 13:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung tengah bersiap untuk meluncurkan ponsel kelas menengah terbaru dari keluarga Galaxy M, yaitu Galaxy M32.

Indikasinya, Samsung sudah memamerkan rangkaian gambar yang memperlihatkan tampang Galaxy M32 dari berbagai sisi, melalui laman Samsung Mobile Press di tautan berikut.

Spesifikasi Galaxy M32 belum tercantum di situs Samsung. Tapi tak butuh waktu lama sebelum informasi terkait hardware perangkat tersebut beredar di internet.

Menurut rumor yang beredar, Galaxy M32 dikabarkan membawa beberapa perbedaan dibandingkan pendahulunya yang dirilis 2020 lalu, Galaxy M31. Terutama dari segi konfigurasi kamera dan SoC yang digunakan.

Baca juga: Samsung Galaxy M62 Masuk Indonesia, Baterai 7.000 MAh Harga Rp 6 Juta

Berdasarkan gambar yang diunggah Samsung, desain Galaxy M32 masih mirip dengan pendahulunya. Namun terlihat beberapa perbedaan.

Misalnya, punggung Galaxy M32 kini dihiasi dengan pola bergaris vertikal. Penempatan kamera belakangnya diubah, sementara pemindai sidik jarinya dipindahkan ke bagian samping perangkat (side-mounted).

Galaxy M32 konon akan menggunakan layar OLED dengan diagonal 6,4 inci dan beresolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel). Seperti pendahulunya, di bagian tengah atas layar juga masih terdapat poni berbetuk tetesan air yang memuat kamera selfie 20 MP.

Susunan kamera belakang Galaxy M32 masih berjumlah empat buah seperti Galaxy M31, tapi bentuk modulnya berubah menjadi persegi. Konfigurasinya pun berbeda.

Kamera utama ponsel ini konon akan beresolusi 48 MP. Kalau benar, angka ini lebih rendah dibandingkan Galaxy M31 yang memiliki kamera utama 64 MP.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31 di Indonesia

Kamera utama Galaxy M32 tersebut akan ditemani oleh kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 5 MP, serta kamera depth sensor 5 MP. Ketiga kamera itu identik dengan milik Galaxy M31.

Perbedaan utama yang dibawa Galaxy M32 dibandingkan pendahulunya terdapat pada dapur pacu. Alih-alih menggunakan chip Exynos buatan Samsung, ponsel ini kabarnya akan menggunakan SoC MediaTek Helio G85.

Chip itu dipadankan dengan RAM 4 GB/ 64 GB serta media internal 64 GB/ 128 GB, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidAuthority, Sabtu (12/6/2021).

Dari segi baterai, tampaknya Galaxy M32 masih mengusung kapasitas jumbo sebesar 6.000 mAh. Baterai besar memang menjadi ciri khas dan nilai jual seri Galaxy M.

Tentu, karena masih berupa rumor, bocoran spesifikasi Galaxy M32 di atas belum tentu benar. Pihak Samsung sendiri juga belum memberikan informasi resminya terkait ponsel ini.  Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com