Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

Kompas.com - 12/08/2021, 10:32 WIB
Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 3. KOMPAS.com/ OIK YUSUFPonsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 3.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Lebih kurang satu setengah tahun setelah kemunculan Galaxy Z Flip, Samsung kini secara resmi memperkenalkan penerus perangkat ponsel lipat bergaya clamshell tersebut. Namanya, Galaxy Z Flip 3.

Angka "3" di sini mungkin membuat bingung. Sebab, sebelumnya tidak ada Galaxy Z Flip 2. Samsung memang sengaja melompati nomor kedua, mungkin agar penamaan Galaxy Z Flip jadi seragam dengan ponsel lipat saudaranya, Galaxy Z Fold 3.

Kemunculan Galaxy Z Flip 3 sebenarnya sudah bisa diterka, karena rumor tentang perangkat ini marak beredar sebelum waktu peluncuran. Demikian juga dengan desain barunya yang sudah banyak diketahui sejak jauh-jauh hari.

Baca juga: Samsung Langsung Buka Pre-order Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 di Indonesia

Namun, hal itu tak mengurangi kesan yang didapatkan KompasTekno ketika pertama kali menggenggam unit sample dari Galaxy Z Flip 3 (versi non-final).

Galaxy Z Flip 3 tampil lebih cantik dibanding pendahulunya. Jeroannya juga lebih bertenaga, sementara bodinya dirancang lebih tangguh. Secara keseluruhan, ponsel lipat mini generasi kedua ini terkesan lebih matang dibandingkan produk pertama dulu.

Layar kedua lebar, bisa untuk selfie

Salah satu elemen desain yang langsung menarik perhatian dari Galaxy Z Flip 3 adalah, layar sekunder alias Cover Screen di punggung ponsel yang kini ukurannya jauh lebih besar, dengan panel AMOLED berdiagonal 1,9 inci dan resolusi 512 x 260 piksel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai perbandingan, dulu Galaxy Z Flip generasi pertama hanya dibekali Cover Screen 1,1 inci (300 x 112 piksel).

Layar sekunder Galaxy Z Flip 3 bisa digunakan untuk menampilkan hal-hal seperti informasi waktu, atau sebagai jendela bidik serupa cermin, untuk membantu pengguna menjepret selfie, atau vlogging dengan kamera belakang, saat ponsel dalam keadaan terlipat.

Cover Screen berukuran 1,9 inci di punggung Galaxy Z Flip 3 bisa berfungsi sebagai jendela bidik serupa cermin untuk memotret selfie dengan kamera belakang.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Cover Screen berukuran 1,9 inci di punggung Galaxy Z Flip 3 bisa berfungsi sebagai jendela bidik serupa cermin untuk memotret selfie dengan kamera belakang.

Samsung Galaxy Z Flip 3 dibekali dua kamera belakang yang diletakkan persis di samping Cover Screen. Masing-masing adalah kamera utama (wide) 12 MP (f./1.8, bidang pandang 78 derajat), dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 123 derajat).

Keberadaan layar kedua yang berukuran lebar ini, sekaligus mengubah skema warna Galaxy Z Flip 3 menjadi duo tone. Layar dan kamera termuat di area berwarna hitam dengan finishing glossy di sisi atas, sementara bodi selebihnya berwarna lain.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.