Menjajal Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3, Kini dengan Stylus S Pen

Kompas.com - 12/08/2021, 14:06 WIB
Layar utama Galaxy Z Fold 3 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18 sehingga tampak menyerupai perangkat tablet ketika dibentangkan. KOMPAS.com/ OIK YUSUFLayar utama Galaxy Z Fold 3 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18 sehingga tampak menyerupai perangkat tablet ketika dibentangkan.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setahun setelah kemunculan ponsel lipat Galaxy Z Fold generasi kedua, Samsung kini meresmikan perangkat penerus bernama Galaxy Z Fold 3 dalam acara Galaxy Unpacked pada 11 Agustus 2021.

Secara fisik, Galaxy Z Fold 3 tampak tak jauh berbeda dibandingkan Galaxy Z Fold 2. Namun, Samsung menerapkan sejumlah pembaruan yang membuat perangkat ini jadi lebih menarik.

Galaxy Z Fold 3 kini bukan hanya lebih tangguh dengan bodi tahan air, tapi juga mendukung pemakaian stylus S Pen yang sebelumnya hanya hadir di seri Galaxy Note. Untuk pertama kalinya, Samsung juga menyematkan sebuah kamera di bawah layar.

KompasTekno berkesempatan menjajal unit sample (non-final) Galaxy Z Fold 3 varian warna Phantom Black. yang memiliki finishing hitam matte, mirip Galaxy S21 Ultra varian warna yang sama. Simak hasil penelusurannya berikut ini.

OS sama, antarmuka berbeda

Galaxy Z Fold generasi pertama yang dirilis pada 2019 menandai debut ponsel lipat Samsung.

Generasi kedua, Galaxy Z Fold 2 yang dirilis pada pertengahan 2020, menerapkan beberapa pembaruan seperti layar utama dan layar kedua (Cover Screen) yang lebih lebar.

Galaxy Z Fold 3 mewarisi fitur tersebut. Layar utama perangkat ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Display yang luas dan cenderung persegi ini membuat penggunanya merasa seperti memakai tablet kecil, ketika ponsel dibentangkan.

Area layarnya jauh lebih luas dibandingkan smartphone pada umumnya, sehingga, bisa menampilkan lebih banyak elemen visual.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 3, Tahan Air dan Mendukung Stylus S-Pen

Tampilan menu Settings Galaxy Z Fold 3 menyajikan antarmuka ala tablet yang langsung menampilkan parameter pengaturan di sisi kanan. 
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan menu Settings Galaxy Z Fold 3 menyajikan antarmuka ala tablet yang langsung menampilkan parameter pengaturan di sisi kanan.
Misalnya, dari segi antarmuka, meskipun sama-sama menjalankan OS Android 11 berlapis One UI 3.1.1, interface Galaxy Z Fold 3 berbeda dari ponsel Samsung lain.

Ini bisa langsung terasa ketika memasuki menu Settings, di mana parameter pengaturan akan langsung ditampilkan di sisi kanan, sementara sisi kiri memuat menu yang bisa dipilih. Navigasi pun berlangsung lebih cepat dan mudah.

Samsung juga memanfaatkan luasnya layar Galazy Z Fold 3 di aplikasi kamera. Antarmukanya terbelah dua, sisi kanan menampilkan jendela bidik dan tombol shutter, sementara sisi kiri berisi foto-foto hasil jepretan kamera.

Tampilan antarmuka kamera Galaxy Z Fold 3. Jendela bidik diposisikan di sisi kanan. Sisi kiri memuat foto-foto yang baru diambil.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan antarmuka kamera Galaxy Z Fold 3. Jendela bidik diposisikan di sisi kanan. Sisi kiri memuat foto-foto yang baru diambil.

Cover Screen lebih canggih

Galaxy Z Fold 3 juga dapat digunakan saat dalam keadaan terlipat berkat Cover Screen yang terdapat di sisi luar. Ukurannya sama dengan layar kedua di Galaxy Z Fold 2, yakni 6,2 inci, tapi, dengan spesifikasi berbeeda.

Cover Screen Galaxy Z Fold 3 kini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x (2.268 x 832 piksel) dengan aspect ratio 24,5:9 dan refresh rate 120 Hz, lebih tinggi dari Galaxy Z Fold 2 sebelumnya yang hanya 60 Hz.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.