Teknologi di Balik Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 yang Tahan 30 Menit Dalam Air

Kompas.com - 15/08/2021, 10:08 WIB
Galaxy Z Flip3 ketika dibentangkan dan dilipat. SamsungGalaxy Z Flip3 ketika dibentangkan dan dilipat.

KOMPAS.com - Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G merupakan ponsel lipat terbaru besutan Samsung yang dirilis pada 11 Agustus lalu.  Kedua ponsel layar lipat tersebut memiliki ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8.

Dengan fitur tersebut, kedua ponsel lipat ini masih kuat apabila terjatuh atau terendam di air dengan kedalaman 1,5 meter dalam durasi hingga 30 menit.

Hal ini lantas menjadikan Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 menjadi foldable device pertama di dunia yang dibekali dengan fitur water resistance.

Menurut situs berita teknologi The Verge, untuk bisa membuat ponsel tahan air, vendor ponsel perlu menyegel lubang-lubang pada bodi ponsel, yang berpotensi menjadi pintu masuk air. Misalnya, menyegel lubang speaker, port USB Type-C, dan slot kartu SIM.

Namun, karena Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 merupakan ponsel lipat, skema penyegelannya pun tidak sesederhana pada ponsel pada umumnya.

Ini mengingat dua ponsel lipat ini menggunakan layar fleksibel dengan sebuah engsel. Lantas bagaimana cara Samsung menghadirkan fitur water resistance pada Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3?

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 3, Tahan Air dan Mendukung Stylus S-Pen

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk bisa menghadirkan fitur ketahanan air pada dua ponsel barunya, Samsung dilaporkan harus mengembangkan sejumlah inovasi baru yang dapat mengantisipasi bila dua ponsel lipat ini tercebur atau terendam di dalam air.

Berikut KompasTekno rangkumkan dari The Verge, Minggu (15/8/2021), tiga inovasi teknologi baru Samsung untuk membawa fitur water resistance pada dua ponsel lipat barunya.

1. Pelumas khusus di engsel

Engsel pada dua ponsel lipat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Samsung. Pasalnya, engsel memiliki banyak komponen bergerak.

Selain itu, di saat bersamaan, engsel ini dapat menciptakan celah kecil yang mungkin menjadi pintu masuk air. Jadi, terbilang sulit untuk bisa menyegel engsel sepenuhnya pada dua ponsel lipat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.