BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Bebas Lag dan Lemot, Berikut Fitur Gaming yang Wajib Ada di Smartphone

Kompas.com - 31/08/2021, 16:27 WIB
Ilustrasi bermain game menggunakan ponsel Oppo Reno6 Series 5G. Dok. Oppo IndonesiaIlustrasi bermain game menggunakan ponsel Oppo Reno6 Series 5G.

KOMPAS.com – Aktivitas bermain game, khususnya mobile gaming, telah menjadi hobi yang menarik banyak peminat. Di Indonesia, aktivitas ini meningkat akibat kebijakan di rumah saja selama pandemi Covid-19.

Laporan Survei Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2019 hinga kuartal II 2020 mengungkap bahwa game online menempati urutan kedua sebagai bentuk hiburan yang paling sering diakses dengan jumlah 16,5 persen.

Game online hanya kalah dengan aktivitas menonton video online yang menempati urutan pertama dengan capaian 49,3 persen. Meski demikian, aktivitas tersebut mampu mengungguli streaming musik yang berada di posisi ketiga sebanyak 15,3 persen.

Peningkatan aktivitas bermain game tak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi digital. Saat ini, banyak pilihan game dapat dimainkan di smartphone, mulai dari game dengan grafis dan gameplay sederhana hingga berat.

Selain itu, developer juga menyematkan fitur chat ataupun voice chat di game besutannya. Fitur ini membuat para gamer bisa berkomunikasi satu sama lain. Tak heran, game online juga jadi salah satu medium bersosialisasi favorit.

Sayangnya, karena jadi akses hiburan dan bersosialisasi favorit, pengguna kerap abai dengan kemampuan perangkatnya saat bermain game.

Beberapa pengguna memaksakan smartphone untuk memainkan game dengan grafis berat. Padahal, spesifikasi ponselnya tidak memadai untuk hal tersebut. Alhasil, bermain game jadi tidak mengasyikkan karena banyak gangguan seperti lag. Ponsel pun berpotensi cepat rusak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pengguna disarankan memainkan game sesuai rekomendasi spesifikasi, baik dari segi kapasitas RAM, ROM, maupun chipset smartphone. Bila ingin memainkan game berat, gamer lebih baik meng-upgrade smartphone dengan spesifikasi yang ideal. Dengan begitu, bermain game akan lebih nyaman dan mengasyikkan.

Selain spesifikasi, perhatikan pula keberadaan fitur-fitur pendukung untuk bermain game. Hal ini penting agar game dapat dimainkan secara lancar tanpa lemot dan gangguan dari notifikasi aplikasi lainnya.

Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut? Simak ulasan berikut.

Ilustrasi bermain game menggunakan ponsel Oppo Reno6 Series 5G.Dok. Oppo Indonesia Ilustrasi bermain game menggunakan ponsel Oppo Reno6 Series 5G.

Quick Start-Up

Keberadaan fitur Quick Start-Up mampu mempersingkat waktu dalam memuat aplikasi game. Pengguna pun tak perlu membuka game dari jendela publisher. Dengan demikian, ponsel tak harus memuat ulang data game.

Pasalnya, fitur Quick Start-Up sudah merekam permintaan untuk menyimpan game favorit hingga lebih dari 48 jam. Aktivitas bermain game pun semakin lancar dan cepat.

Beberapa game yang cocok dimainkan dengan fitur tersebut adalah PUBG: Battlegrounds, Call of Duty: Warzone, dan eFootball PES.

Bullet Screen Message

Saat bermain game, notifikasi aplikasi chat dapat merusak konsentrasi. Meskipun terkesan sepele, hal ini bisa menyebabkan kamu kalah bertarung dalam game.

Atas dasar hal tersebut, fitur Bullet Screen Message diciptakan. Fitur ini dapat menyamarkan notifikasi chat menjadi teks berjalan di layar dengan tampilan transparan. Alhasil, notifikasi dari pesan SMS, Whatsapp, Line, Messenger, dan Telegram tak lagi mengganggu aktivitas gaming.

Game Floating Window

Saat membuka aplikasi game, ada kalanya kamu ingin membuka aplikasi lain secara bersamaan. Misalnya saja, ketika sedang memilih item karakter atau senjata yang ingin digunakan, pada saat bersamaan kamu juga ingin mengecek pesan di Whatsapp.

Untuk melakukan hal tersebut, keberadaan fitur Game Floating Window sangat membantu. Pasalnya, fitur ini memiliki kemampuan unik, yakni dapat mengecilkan window game, sehingga pengguna bisa mengakses aplikasi lain dalam satu layar. Pendeknya, fitur tersebut memungkinkan pengguna melakukan multitasking.

Mode Gaming

Fitur Mode Gaming dapat memberi kepuasan bagi pengguna dalam memainkan game. Ketika Mode Gaming diaktifkan, fitur ini memastikan layar tetap menampilkan game yang sedang dimainkan, sekalipun ada panggilan atau pesan masuk.

Bahkan, fitur Mode Gaming dapat memblok fitur Game Assistant. Pengguna pun akan leluasa memainkan game tanpa gangguan apa pun. Smartphone bakal terasa layaknya konsol untuk bermain game.

Selain itu, dengan Mode Gaming, hardware smartphone secara otomatis akan bekerja lebih optimal sehingga mencegah terjadinya lag. Kinerja RAM dan chipset akan dimaksimalkan dengan mematikan penggunaan daya untuk aplikasi lain. Ini berarti, smartphone akan tetap ngacir saat gaming tanpa khawatir ponsel cepat panas.

Ponsel Oppo Reno6 Series 5G. Dok. Oppo Indonesia Ponsel Oppo Reno6 Series 5G.

Fitur Mode Gaming memiliki nama berbeda-beda pada tiap pabrikan. Pada smartphone keluaran Oppo, seperti Oppo Reno6 Series 5G, fitur Mode Gaming diberi nama Game Focus Mode.

Fitur yang khusus dihadirkan pada sistem ColorOS 11.1 tersebut dapat membuat pengguna tetap fokus dan konsentrasi dalam memainkan game.

Oppo Reno6 Series 5G juga memiliki fitur gaming andalan lainnya yang telah dijelaskan sebelumnya, yakni Quick Start-Up, Bullet Screen Message, dan Game Floating Window.

Demi memanjakan gamer, Oppo Reno6 Series 5G dilengkapi layar 6,5 inci yang sudah dibekali teknologi refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Teknologi ini membuat pengalaman bermain game semakin imersif.

Untuk menambahkan pengalaman gaming tanpa gangguan, Oppo Reno6 Series 5G sudah pula dibekali spesifikasi yang mumpuni. Pada dapur pacu Oppo Reno6 5G, Oppo membenamkan chipset Mediatek Dimensity 900 (6nm) yang memiliki skor Antutu 489.848 serta memori RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Oppo Reno6 5G sudah memenuhi kriteria untuk dipakai bermain beragam game berat dengan lancar. Ponsel ini juga sudah dilengkapi baterai berkapasitas 4.300 mAh yang sudah didukung teknologi fast charging 65 watt SuperVOOC 2.0+. Teknologi ini mampu mengisi baterai dari posisi kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 28 menit.

Sementara, seri Oppo Reno6 Pro 5G dibenami chipset Snapdragon 870 yang memiliki skor Antutu 656.864. Chipset ini dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan ROM 256 GB.

Ponsel tersebut juga memiliki teknologi RAM Expansion yang memungkinkan sebagian penyimpanan internal digunakan sebagai memori RAM dalam jangka pendek.

Oppo Reno6 Pro 5G memiliki baterai yang cukup besar, yakni 4.500 mAh. Baterai tersebut sudah mendukung teknologi fast charging 65 watt SuperVOOC 2.0+. Dengan teknologi ini, daya baterai ponsel bisa terisi penuh dari posisi kosong hanya dalam waktu 31 menit.

Kedua ponsel juga sudah dilengkapi teknologi jaringan 5G. Jaringan generasi kelima ini dapat memiliki kecepatan 1 GB per detik. Ini berarti, aktivitas bermain game online menggunakan ponsel ini pada jaringan 5G bisa berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Selain spesifikasi yang ramah gaming, Oppo Reno6 Series 5G juga cocok untuk digunakan aktivitas fotografi dan videografi. Kedua ponsel sudah dibekali kamera dan fitur-fitur yang unggulan untuk aktivitas tersebut. Sebut saja Bokeh Flare Potrait Video, AI Highlight Video, dan Portrait Beautification Video, Focus Tracking, Flash Snapshot, dan AI Palette Highlight.

Ponsel Oppo Reno6 Series 5G. Dok. Oppo Indonesia Ponsel Oppo Reno6 Series 5G.

Ponsel yang dapat menunjang aktivitas gaming, fotografi, dan videografi tersebut sudah tersedia di Indonesia. Oppo Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000 dengan varian warna Aurora dan Stellar Black.

Untuk Oppo Reno6 Pro 5G, kamu bisa membawa ponsel ini dengan harga Rp 10.999.000. Ponsel ini hanya tersedia dalam satu varian warna, yakni Lunar Grey.

Kedua ponsel tersebut dapat dibeli di Oppo Gallery, Oppo Store, e-commerce terkemuka, seperti Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Kamu bisa mengklik tautan berikut untuk informasi lebih detail terkait Oppo Reno6 Series 5G.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.