BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Dukung Kreativitas Pengguna, Ini 4 Mode Fotografi Galaxy Z Fold3 untuk Abadikan Momen Berharga

Kompas.com - 14/09/2021, 16:08 WIB
Galaxy Z Fold3 5G. DOK. Samsung.Galaxy Z Fold3 5G.

KOMPAS.com – Samsung secara resmi mengenalkan ponsel lipat teranyar Galaxy Z Fold3 5G pada pertengahan Agustus 2021. Smartphone ini dibekali spesifikasi dan teknologi kamera yang lebih mumpuni dibandingkan Galaxy Z Fold generasi sebelumnya.

Galaxy Z Fold3 5G dibekali dengan tiga kamera belakang dan dua kamera selfie. Kamera belakang masing-masing terdiri dari 12 megapixel (MP) lensa wide-angle, 12 MP lensa ultra wide, dan 12 MP lensa telephoto.

Lensa kamera belakang dilapisi dengan kaca superbening untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas. Kaca ini juga dapat melindungi lensa dari goresan.

Sementara, untuk kamera depan, Samsung menanamkan sensor kamera beresolusi 4 MP di dalam layar utama alias under display camera. Samsung mengklaim, Galaxy Z Fold3 5G menjadi smartphone foldable pertama di dunia yang mengusung teknologi ini.

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk tetap menikmati layar secara penuh tanpa terganggu oleh keberadaan kamera depan. Jadi, seakan-akan keberadaan kamera depan tak tampak.

Tak hanya itu, terdapat pula kamera selfie 10 MP yang terletak di bagian cover screen yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan pengguna Galaxy Z Fold3 5G.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan kehadiran lima kamera tersebut, Galaxy Z Fold3 5G memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengabadikan momen dengan fleksibilitas dan kreativitas tak terbatas. Terlebih, Samsung juga menghadirkan berbagai mode kamera canggih untuk memaksimalkan pengalaman pengguna smartphone lipat ini.

Berikut berbagai mode fotografi canggih yang dimiliki Galaxy Z Fold3 5G.

1. Capture View

Mode Capture View memungkinkan pengguna smartphone yang ingin melihat hasil tangkapan foto jadi lebih praktis. Tanpa harus bolak-balik antara kamera dan menu galeri, fitur ini membuat kamu bisa memotret di satu sisi layar dan melakukan review terhadap tangkapan foto di sisi layar lainnya secara instan.

Kamu bisa melihat pratinjau, berbagi, menghapus, atau menandai foto dan video terbaru di layar kedua sambil mengambil foto atau video baru di layar pertama. Semua aktivitas fotografi menjadi lebih mudah dengan fitur ini.

Terdapat beberapa langkah untuk mengaktifkan mode Capture View pada aplikasi Kamera di Galaxy Z Fold3. Pertama, ketuk ikon Capture View di kiri atas layar. Selanjutnya, layar pratinjau untuk gambar atau video yang kamu ambil akan ditampilkan secara bersamaan di layar.

2. Peningkatan fitur Dual Preview

Galaxy Z Fold3 5G memiliki berbagai peningkatan mode dibandingkan Galaxy Z Fold seri sebelumnya. Salah satunya adalah mode Dual Preview. Mode ini memungkinkan pengguna melihat pratinjau foto yang diambil pada layar utama dan cover screen secara bersamaan.

Ilustrasi penggunaan mode Capture View. DOK. Samsung. Ilustrasi penggunaan mode Capture View.
Dengan begitu, saat pengguna akan memotret teman atau keluarga, orang-orang yang menjadi obyek foto dapat melihat tampilan mereka sendiri di cover screen secara real-time.

Dengan begitu, orang-orang yang menjadi obyek foto dapat menyesuaikan penampilan mereka dan mengatur posisi dengan lebih baik. Hasil foto pun menjadi lebih sempurna. Pemotret juga tidak perlu repot lagi mengatur orang di dalam frame.

Tak hanya itu, mode tersebut juga memiliki beberapa fitur yang berguna untuk pengeditan gambar, mulai dari filter, restorasi wajah, AR Doodle, hingga AR Emoji.

Bila hendak selfie dengan kamera belakang yang beresolusi tinggi, kamu bisa melihat pratinjau di cover screen. Selain itu, fitur restorasi wajah yang terdapat pada kamera belakang dapat membantu kamu mengambil foto selfie yang lebih natural dan menarik.

Untuk mengaktifkan fitur pratinjau ganda pada layar utama dan cover, ketuk ikon Pratinjau layar Cover di kanan atas.

3. Auto Framing

Saat merekam video secara hands-free, mode Auto Framing dapat membantu kamu merekam orang yang bergerak tanpa takut kehilangan momen. Sebab, fitur ini dapat secara otomatis melacak subyek dan mempertahankan fokus hingga 4 orang sekaligus dalam satu frame.

Mode Dual Preview.DOK. Samsung. Mode Dual Preview.
Selain itu, mode ini juga memungkinkan kamera secara otomatis menyesuaikan sudut pengambilan gambar dan zoom berdasarkan pengenalan wajah dan tubuh subyek saat foto atau video direkam menggunakan kamera depan atau belakang.

Dengan mengaktifkan mode tersebut, kamu tetap bisa melacak pergerakan orang dan menjaga subyek tetap di tengah bingkai video dengan zoom yang halus.

Untuk mengaktifkan Auto Framing, kamu bisa mengetuk ikon Auto Framing di kiri bawah saat dalam mode video.

4. Rear Cam Selfie

Mode ini berguna untuk menyempurnakan aktivitas selfie beresolusi tinggi dengan kamera belakang. Pasalnya, fitur ini memberi kemudahan pengguna untuk melakukan preview foto melalui cover screen sebagai jendela bidik.

Dengan demikian, kamu bisa mengambil gambar selfie berkualitas dengan kamera belakang saat Galaxy Z Fold3 5G dibuka. Hasil foto selfie menggunakan kamera belakang akan lebih baik dibandingkan kamera depan karena memiliki resolusi yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, Galaxy Z Fold3 5G juga dilengkapi fitur mumpuni lain, seperti Night Mode, Night Hyperlapse, dan Director's View.

Fitur Night Mode yang dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI) pada smartphone lipat ini mampu menjaga warna dan kejernihan gambar dalam bidikan malam hari.

Selain itu, dukungan Flex Mode memungkinkan kamu mengambil gambar pada malam hari atau kondisi minim cahaya dengan kamera belakang secara stabil tanpa membutuhkan peralatan tambahan.

Selanjutnya, fitur Night Hyperlapse memungkinkan pengguna untuk memotret dan merekam suasana pergantian malam ke pagi hari sampai pergerakan langit secara cepat. Fitur ini juga berguna untuk mengambil foto ataupun video pada kondisi minim cahaya.

Sementara, fitur Director’s View membuat pengguna bisa merekam momen dengan semua kamera dari berbagai sudut, termasuk menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Itulah berbagai kecanggihan dan mode kamera yang dimiliki Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Kamu bisa memiliki smartphone ini dengan harga Rp 24.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB.

Sementara, untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 26.999.000.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G, kamu bisa mengunjungi laman www.samsung.com/id/.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.