BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

3 Inovasi Smartphone Masa Kini yang Bikin Pengguna Happy

Kompas.com - 28/02/2022, 20:25 WIB
Ilustrasi memotret menggunakan smartphone Dok. OppoIlustrasi memotret menggunakan smartphone

KOMPAS.com – Salah satu penemuan terbesar dalam sejarah umat manusia dalam bidang teknologi adalah ponsel pintar atau smartphone.

Pasalnya, teknologi tersebut mampu mengakomodasi berbagai macam kegiatan dan kebutuhan manusia, mulai dari bekerja, memenuhi kebutuhan harian, belajar, menyalurkan hobi, hingga hiburan.

Karenanya, tak heran kalau smartphone menjelma menjadi salah satu benda penting yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang.

Dilansir dari laman theguardian.com, Senin (10/5/2021), studi yang dilakukan oleh tim antropolog dari University College London menyebutkan bahwa keberadaan smartphone saat ini tak lagi sekadar perangkat, tetapi juga menjadi tempat penggunanya tinggal ataupun hidup.

Ketua tim peneliti studi Daniel Miller mengatakan, setelah melakukan aktivitas, seperti makan, bekerja, dan sosial, mayoritas orang saat ini akan kembali kepada smartphone-nya masing-masing.

Sebagai sebuah perangkat, smartphone juga terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.Hal tersebut tak terlepas dari pola hidup dan kebutuhan masyarakat yang kian dinamis.

Maka dari itu, produsen smartphone terus melakukan adaptasi dengan menyematkan berbagai inovasi. Tujuannya, agar produknya dapat menunjang kebutuhan konsumen sesuai tuntutan zaman.

Lalu, inovasi apa saja yang hadir dalam teknologi smartphone terkini untuk menunjang aktivitas pengguna? Berikut ulasannya.

1. Fitur fast charging

Banyaknya aplikasi dan intensitas pemakaian pengguna membuat kapasitas daya yang ada pada smartphone berkurang dengan cepat.

Bagi pengguna yang memiliki rutinitas di belakang meja, hal tersebut bukan masalah. Sebab, mereka bisa dengan mudah mengisi daya sewaktu-waktu ponsel kehabisan baterai.

Berbeda halnya dengan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Kalau sampai ponsel kehabisan baterai, aktivitasnya bisa saja terganggu.

Mereka bisa saja berhenti di suatu tempat untuk mengisi daya smartphone. Sayangnya, aktivitas ini membutuhkan waktu yang tak sebentar. Padatnya aktivitas tak memungkinkan mereka untuk menjadikan cara tersebut sebagai solusi.

Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast chargingDok. Oppo Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast charging

Untuk mengatasi masalah tersebut, para produsen smartphone berinovasi dengan meluncurkan fitur fast charging pada produk menengah ataupun flagship-nya.

Fitur fast charging bekerja dengan cara mentransfer watt berdaya tinggi agar baterai pada smartphone dapat terisi dengan cepat.

Melalui fast charging, pengisian daya dari baterai ponsel nol sampai penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam atau bahkan kurang dari itu.

2. Desain menawan

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan perusahaan riset GFK Asia pada 2019, salah satu alasan smartphone begitu diminati konsumen adalah karena tampilan atau desainnya yang menarik.

Menurut sejumlah ahli, desain pada produk adalah totalitas fitur yang memengaruhi penampilan, rasa, dan fungsi produk berdasarkan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, smartphone dengan desain menawan digemari mayoritas pelanggan.

Singkatnya, penampilan yang menarik pada smartphone juga turut memengaruhi penampilan penggunanya.

Melihat pola perilaku tersebut, tak heran rasanya para produsen smartphone melakukan berbagai inovasi terhadap desain produknya. Tujuannya, untuk menyesuaikan kondisi dengan kebutuhan pasar dan pengguna.

3. Kamera mumpuni

Kamera adalah salah satu komponen penting yang menjadi andalan pengguna smartphone saat ini. Bagi banyak orang, kamera smartphone memiliki beragam fungsi, mulai dari menyalurkan hobi fotografi, mengabadikan berbagai momen penting, hingga kebutuhan bisnis.

Karenanya, kamera menjadi salah satu pertimbangan utama orang membeli dan memilih smartphone tertentu.

Atas dasar itulah para produsen smartphone berlomba untuk berinovasi menyematkan kamera ponsel yang berkualitas.

Seperti diketahui, produk smartphone saat ini tak hanya menawarkan kamera dengan resolusi tinggi, tetapi juga hadir dengan segudang teknologi dan fitur termutakhir.

Berkat itu, hasil jepretan yang dilakukan oleh kamera smartphone memiliki kualitas layaknya kamera profesional atau digital single lens reflex (DSLR).

Itu tadi sejumlah inovasi yang kerap dihadirkan pada produk smartphone terkini. Saat ini, semua fitur tersebut banyak dimiliki oleh smartphone dari kelas menengah ataupun flagship.

Untuk yang tertarik terhadap produk smartphone terkini dengan kualitas mumpuni, kamu bisa mencoba produk seperti Oppo Reno7 Series.

Sebagai informasi, Reno7 Series merupakan produk terbaru dari Oppo dan terdiri dari Reno7 5G, Reno7 Z 5G, dan Reno7.

Tampilan dari Oppo Reno7 5GDok. Oppo Tampilan dari Oppo Reno7 5G

Pada Oppo Reno7 5G, produk tersebut dilengkapi dengan fitur unggulan berupa material penampang belakang yang dibuat melalui proses laser direct imaging (LDI).

Teknik LDI digunakan untuk meniru gambaran jejak bintang dengan menciptakan pola yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro dan diproduksi dengan tingkat presisi 20 mikron.

Teknik tersebut hadir dengan teknologi laser engraving pada lapisan yang terletak di atas Oppo Glow.

Lapisan Oppo Glow tersebut mampu menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis dan tahan terhadap goresan.

Adapun untuk menunjang penggunaan, smartphone tersebut telah dibekali dengan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC (TM) dan baterai berkapasitas 4.500 mili-Ampere hour (mAh).

Dengan teknologi itu, Oppo Reno7 5G hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit untuk membuat daya pada baterai terisi 100 persen.

Oppo Reno7 Z 5G hadir dengan desain Ultra-Slim Retro dan fitur Dual Orbit LightDok. Oppo Oppo Reno7 Z 5G hadir dengan desain Ultra-Slim Retro dan fitur Dual Orbit Light

Sementara untuk Oppo Reno7 Z 5G, ponsel pintar tersebut hadir dengan desain Ultra-Slim Retro yang menggunakan bingkai samping datar seperti pendahulunya.

Dari segi performa, perangkat tersebut merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya karena menggunakan prosesor Snapdragon® 695 5G. Penggunaan prosesor tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

Berkat prosesor kelas high-end tersebut, Oppo bisa mengembangkan fitur foto portrait dengan kehadiran Triple ISP Spectra 346T pada Reno7 Z 5G.

Dengan begitu, produk tersebut memiliki kemampuan pengambilan gambar pada kondisi rendah cahaya atau low light.

Selain itu, prosesor 5G yang dibenamkan juga memberikan kompatibilitas dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia.

Kelebihan yang ditawarkan pun tak sampai disitu. Pasalnya, Oppo Reno7 Z 5G juga membawa fitur Dual Orbit Light yang diperkenalkan Oppo pada perangkat Find 7 pada 2013.

Fitur itu memiliki dua breathing light yang tersembunyi di bawah dua cincin dekorasi lensa dan dapat menyala ketika terdapat notifikasi pada perangkat Oppo Reno7 Z 5G.

tampilan Ultra-slim Retro Design OPPO Reno7 Z 5GDok. Oppo tampilan Ultra-slim Retro Design OPPO Reno7 Z 5G

Sebagai varian termuda, Oppo Reno7 juga memiliki Ultra-Slim Retro. Tampilan pada produk ini sangat menarik karena dilengkapi dengan sensor kamera depan Sony IMX 709.

Untuk diketahui, sensor hasil kerja sama pertama antara Oppo dan Sony tersebut mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 60 persen dan mengurangi noise sebesar 35 persen.

Selain itu, Oppo juga membekali Reno7 dengan fitur yang ada pada Find X3 Pro, yakni Micro-Lens. Dengan fitur tersebut, Reno7 juga memiliki kemampuan dalam menangkap gambar yang tergolong mikroskopis dan memperbesarnya hingga 30 kali lipat.

Itu tadi segala kelebihan yang ada pada produk smartphone terbaru Oppo yang dilengkapi dengan fitur terkini.

Nantikan kehadiran OPPO Reno7 Series pada Rabu (2/3/2022), pukul 19:00 Waktu Indonesia Barat (WIB) di media sosial Oppo Indonesia. Jangan lupa tonton dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan produk tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno7 Series, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.