Kompas.com - 22/04/2022, 07:33 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Ada yang berbeda di laman mesin pencari Google.com dan Google.co.id hari ini, Jumat (22/4/2022). 

Jika mengakses situs web tersebut, pengguna bakal melihat tulisan khas "Google" digantikan oleh gambar time lapse yang memperlihatkan perubahan kondisi bumi dari tahun ke tahun.

Gambar tersebut merupakan Google Doodle yang dibuat untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2022.

Menurut Google di halaman resminya, gambar tersebut diambil dari Google Earth Timelapse dan sumber lain. Gambar timelapse tersebut dibuat untuk memperlihatkan dampak perubahan iklim di empat lokasi berbeda.

Baca juga: 5 Daftar Fitur Google Maps yang Bisa Dimanfaatkan untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2022

Keempat lokasi tersebut adalah Gunung Kilimanjaro di Afrika, kemudian ada area gletser Sermersooq di Greenland, kawasan terumbu karang Great Barrier Reef di Australia, serta area hutan lebat Harz di Jerman.

Ilustrasi empat citra satelit yang bakal bisa dilihat pengguna di Google.com pada Jumat 22 April 2022.Google Ilustrasi empat citra satelit yang bakal bisa dilihat pengguna di Google.com pada Jumat 22 April 2022.
Apabila melihat gambar di atas, misalnya, pengguna bisa melihat citra satelit Gunung Kilimanjaro yang diambil Google pada tahun 1986.

Gambar tersebut lantas akan berubah dari tahun ke tahun hingga ke tahun 2020, di mana perbedaan akan terlihat bahwa area hijau di sekeliling gunung tersebut, yang terlihat sangat banyak pada tahun 1986, menjadi sedikit pada tahun 2020.

Ketika gambar citra satelit Maps Google Doodle itu di-klik, maka pengguna bakal dibawa ke hasil pencarian dengan kata kunci "perubahan iklim".

Adapun hasil pencarian teratas membeberkan fakta-fakta terkait perubahan iklim, penyebabnya, efeknya terhadap bumi dalam jangka panjang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Indonesia Siapkan Regulasi Wajibkan Google Facebook dkk Bayar Konten Berita

Dengan begitu, pengguna bisa mengerti bahwa betapa buruknya dampak perubahan iklim terhadap lingkungan, terutama dengan ilustrasi perbandingan citra satelit zaman dahulu dan masa kini melalui Google Doodle tadi.

Meski citra satelitnya berbeda-beda, Google menampilkan hal dan pesan yang sama kepada pengguna, yaitu gambaran bahwa lingkungan di sekitar tempat tersebut, baik itu hutan, terumbu karang, maupun es, semakin terkikis karena efek perubahan iklim.

Penasaran bagaimana keganasan efek perubahan iklim yang diilustrasikan Google via Doodle? Pengguna bisa langsung mengakses situs web Google.com melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.