Kompas.com - 03/06/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Oppo meluncurkan smartphone baru, yakni Oppo A77 5G di Thailand. Sebagaimana namanya, smartphone ini mendukung jaringan generasi kelima yaitu 5G.

Apabila mengikuti rekam jejak Oppo, perusahaan asal China itu sebetulnya pernah merilis ponsel dengan seri yang sama tahun 2017 lalu. Akan tetapi, model tersebut hanya mendukung jaringan 4G LTE.

Dukungan 5G sendiri dimungkinan berkat chipset MediaTek Dimensity 810 yang "mengotaki" Oppo A77 5G. Selain 5G, smartphone ini juga dikemas dengan sejumlah fitur "upgrade" lainnya seperti kamera 48 MP, refresh rate 90 Hz hingga baterai 5000 mAh.

Baca juga: Oppo A77 Versi Baru Pakai Snapdragon

Spesifikasi Oppo A77 5G

Oppo A77 5G mengusung layar dengan desain serupa tetesan air. Layarnya berbentang 6,56 inci dengan panel LCD dan menawarkan resolusi HD+ (720 x 1.612 piksel). Layar smartphone ini juga didukung fitur refresh rate 90 Hz, kerapatan piksel 269 ppi, kecerahan 600 nits dan color gamut DCI-P3 100 persen.

Bodinya dibuat kotak, alih-alih melengkung seperti smartphone Oppo pada umumnya. Desain ini mirip seperti Oppo Reno7 dan Reno7 Z 5G yang dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu.

Modul kamera Oppo A77 5G juga mirip dengan kedua smartphone Reno7, meskipun penempatan beberapa komponennya agak berbeda. Modul kamera pada smartphone ini berbentuk persegi dengan kamera yang disusun vertikal bersama dua lampu flash LED.

Baca juga: Oppo A57 4G Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Kamera belakangnya sendiri terdiri dari dua kamera, mencakup kamera utama beresolusi 48 MP dan kamera kedalaman depth sensor 2 MP. Kamera utamanya disebut dapat memotret gambar dengan resolusi hingga 108 MP dengan bantuan software.

Adapun kamera depannya memiliki resolusi 8 MP, lebih rendah dibanding Oppo A77 (2017) yang menawarkan kamera depan 16 MP. Kamera ini ditempatkan pada poni layar dan dapat digunakan untuk berswafoto maupun melakukan panggilan video.

Beralih ke aspek dapur pacu, Oppo A77 5G ditenagai oleh chipset Dimensity 810 besutan MediaTek.

Chip ini memiliki arsitektur 6 nm, CPU dengan clok speed hingga 2,4 GHz dan GPU Mali-G57 MP2. Chip tersebut dipadu dengan RAM berkapasitas 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Ada pula slot microSD khusus untuk memperluas penyimpanannya.

Baca juga: Cara Pakai Smart Driving di Ponsel Oppo, Tak Ganggu Kegiatan Menyetir Mobil

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.