Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Dapatkan Kontrak untuk Produksi Chipset Ponsel Android

Kompas.com - 27/07/2022, 09:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Intel resmi menandatangani kerja sama strategis dengan salah satu produsen chipset ponsel dengan sistem operasi (OS) Android besar, yakni MediaTek. Kerja sama itu resmi disepakati pekan ini. 

Melalui kerja sama yang terikat kontrak tersebut, Intel nantinya bakal bisa memproduksi chipset MediaTek menggunakan teknologi yang dirancang oleh Intel Foundry Services (IFS), sebuah divisi Intel yang mengurus teknologi fabrikasi dan produksi chip.

Nantinya, chipset tersebut akan dipakai untuk mentenagai beragam perangkat pintar (smart edge device) teranyar yang ada di seluruh dunia, termasuk aneka ponsel Android.

Baca juga: Harga Chip Intel Disebut Bakal Naik, Laptop dan PC Jadi Semakin Mahal?

Presiden IFS, Randhir Thakur mengatakan kolaborasi ini akan turut membantu mengamankan pasokan komponen dan stok produk semikonduktor MediaTek di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

"MediaTek adalah mitra yang bisa membantu pengembangan IFS di masa depan," ujar Thakur, dikutip KompasTekno dari Intel.com, Rabu (27/7/2022).

“Kombinasi yang tepat antara teknologi proses canggih dan kapasitas produksi IFS di berbagai wilayah dapat membantu MediaTek hadir di miliaran perangkat terhubung di dunia dari beragam segmen,” imbuh Thakur.

Baca juga: Intel Setop Rekrut Karyawan Baru demi Keberlangsungan Perusahaan

Ilustrasi chip Mediatek.Istimewa Ilustrasi chip Mediatek.

Di kesempatan yang sama, Corporate Senior Vice President Platform Technology & Manufacturing Operations Mediatek, NS Tsai mengatakan bahwa kerja sama dengan Intel ini bakal mempererat hubungan kedua perusahaan yang sudah terjalin sejak 2019 lalu.

"Kemitraan kami dengan Intel bermula dari bisnis 5G, dan kini merambah ke bisnis manufaktur chipset untuk perangkat pintar melalui IFS," tutur Tsai.

"Dengan kolaborasi ini, IFS akan membantu MediaTek supaya kami memiliki produk dan rantai pasokan yang lebih beragam," tambah Tsai.

Tidak disebutkan apa produk pertama MediaTek yang bakal mengandalkan teknologi IFS milik Intel di masa depan, begitu juga perangkat jenis apa yang bakal disematkan dengan produk tersebut.

Baca juga: Riset Counterpoint: MediaTek Masih Ungguli Qualcomm di Pasar Chip Global

Kolaborasi kedua perusahaan ini merupakan salah satu upaya CEO Intel Pat Gelsinger untuk mengembangkan bisnis Intel dan berkompetisi dengan perusahaan lainnya di sektor semikonduktor.

Dengan masuknya MediaTek, bisnis Intel pun konon bakal bertransformasi dari perusahaan yang memproduksi chip buatan sendiri, menjadi perusahaan yang mengandalkan perusahaan lain untuk membuat sebuah produk semikonduktor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com