Kompas.com - 27/07/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - YouTube memiliki beragam fitur yang cukup menarik, salah satunya seperti Picture-in-Picture (PiP). Lewat fitur ini, tampilan video YouTube bisa diperkecil (minimize) di jendela khusus.

Saat tampilan diperkecil, video YouTube dapat terus berputar dan dapat ditonton berbarengan dengan membuka aplikasi lain. Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan cara kerja PiP YouTube.

Baca juga: 2 Cara Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di iPhone dengan Mudah

Untuk saat ini, fitur PiP telah tersedia di aplikasi YouTube di ponsel Android dengan akun Premium (YouTube Premium). Kemudian, PiP juga mulai digelontorkan pada aplikasi YouTube di ponsel iOS untuk akun Premium.

Mengingat ketersediaan fitur ini di ponsel, lantas apakah bisa nonton YouTube sambil buka aplikasi lain di laptop seperti Macbook? Selain tersedia di aplikasi ponsel, PiP sejatinya juga telah tersedia di YouTube versi web dan tak perlu menggunakan akun Premium.

Dengan demikian, nonton YouTube sambil buka aplikasi lain di Macbook sangat mungkin untuk dilakukan. Anda bisa mengakses fitur PiP dengan membuka YouTube versi web melalui browser di Macbook

Adapun salah satu browser yang bisa digunakan mengakses PiP YouTube adalah Safari. Lantas, bagaimana cara nonton YouTube sambil buka aplikasi lain di Macbook? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara nonton YouTube sambil buka aplikasi lain di Macbook.

Cara nonton YouTube sambil buka aplikasi lain di Macbook

  • Silakan buka aplikasi browser Safari yang umumnya telah terinstal secara default di Macbook.
  • Selanjutnya, kunjungi situs web YouTube (www.youtube.com).
  • Cari dan putar video yang hendak ditayangkan dalam mode PiP.
  • Saat video mulai berputar, buka menu konteks (klik kanan) sebanyak dua kali secara bertahap.
    Ilustrasi cara nonton YouTube sambil buka aplikasi lain di Macbook.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara nonton YouTube sambil buka aplikasi lain di Macbook.
  • Setelah klik kanan yang kedua, bakal muncul menu dengan opsi “Picture-in-Picture”.
  • Pilih opsi tersebut, lalu tampilan video bakal diperkecil dan bisa diputar sambil membuka aplikasi lain.

Baca juga: Apa itu AirDrop di iPhone? Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakannya

Perlu diketahui, cara di atas dijajal pada Macbook dengan versi sistem operasi MacOS Mojave. Beda sistem operasi yang digunakan, mungkin bakal beda pula letak opsinya. Itulah cara nonton video YouTube sambil buka aplikasi lain di Macbook, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.