Kompas.com - 26/08/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Marie Kondo dikenal sebagai pakar beres-beres rumah dan barang dengan metode Konmari. Ia bahkan memiliki program seri khusus bertajuk "Tidying Up with Marie Kondo" yang tayang di Netflix.

Kini, Marie Kondo ikut membagikan tips untuk merapikan kehidupan digital agar dapat mendatangkan kebahagiaan bagi penggunanya. Salah satunya, cara untuk merapikan kotak masuk (inbox) di layanan e-mail milik Google, Gmail.

Berikut 5 tips merapikan Inbox Gmail dari Marie Kondo, sebagaimana dihimpun dari situs resmi Google One, Jumat (26/8/2022).

1. Buat target untuk proses e-mail

Kondo menyarankan pengguna untuk mempertimbangkan Inbox Gmail hanya sebagai ruang tunggu e-mail, sebelum disortir. Karena, semua e-mail seharusnya tidak ada yang benar-benar "menetap" di Inbox Gmail.

Baca juga: 5 Penyebab E-mail Terkirim tapi Tidak Sampai ke Penerima

Jadi, Marie Kondo menyarankan pengguna untuk membuat target untuk memproses e-mail setiap harinya. Misalnya dengan 

2. Buat kotak masuk prioritas

Untuk memudahkan memproses e-mail setiap harinya, Kondo selanjutnya menyarankan untuk membuat kotak masuk prioritas (priority inbox).

Kotak masuk prioritas memungkinkan e-mail penting dipisahkan secara otomatis. Dengan begitu, pengguna bisa mengecek kotak masuk prioritas lebih dulu saat memproses e-mail setiap harinya.

Cara mengaktifkan inbox prioritas adalah dengan membuka "Settings" > klik "Priority inbox". Nantinya, tampilan kotak masuk pengguna secara otomatis akan berubah dengan tampilan email "penting dan belum dibaca".

3. Sortir inbox dengan label

Bila memilih menggunakan tampilan inbox Gmail default, Kondo menyarankan pengguna untuk mengategorikan email masuk untuk memudahkan penyortiran.

"Saya sarankan Anda hanya membuat beberapa label saja agar lebih mudah, seperti "Pending" (tertunda), "Need" (butuh), dan "Want" (ingin)," tulis Marie Kondo.

Halaman:
Sumber Google One


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.