Lupa Password Apple ID? Begini Cara Menggantinya dengan Mudah

Kompas.com - 18/09/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Apple ID memiliki peran yang cukup vital bagi perangkat Apple, seperti iPad, iPhone, atau Macbook. Apple ID berfungsi agar pengguna bisa mengakses fitur-fitur utama dari perangkat Apple tersebut.

Misalnya, untuk mengakses layanan Cloud Apple “iCloud”. Kemudian, sebagaimana umum diketahui, Apple ID juga berfungsi penting agar pengguna bisa mengunduh aplikasi yang tersedia di App Store.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Di segi keamanan, Apple ID berfungsi pula untuk mengaktivasi fitur Find My untuk melacak perangkat Apple yang hilang atau dicuri. Mengingat fungsi yang cukup penting ini, pengguna wajib mengingat dengan baik Apple ID yang dimilikinya.

Apple ID sendiri terdiri dari username dan password. Dua komponen itu tak boleh dilupakan supaya pengguna bisa mengakses fitur perangkat Apple dengan lancar, khususnya untuk password Apple ID,

Pasalnya, setiap mengakses fitur utama di perangkat Apple, misal mengunduh aplikasi di App Store, pengguna bakal diminta untuk memasukkan password Apple ID miliknya. Sementara itu, password Apple ID sendiri tidak bisa dilihat di menu pengaturan perangkat.

Beda dengan username atau alamat e-mail Apple ID yang dapat dilihat langsung melalui menu pengaturan perangkat. Dengan demikian, lalu bagaimana jika lupa password Apple ID? Bila lupa password Apple ID, tak usah terlalu khawatir.

Baca juga: 3 Cara Membuat Apple ID atau iCloud via iPhone, Macbook, dan Website

Ini dikarenakan password Apple ID sejatinya masih bisa diganti bila lupa. Lantas, bagaimana cara mengganti password Apple ID? Password Apple ID bisa diganti melalui situs web “iforgot.apple.com”.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengganti password Apple ID yang lupa dengan mudah lewat situs web “iforgot.apple.com”

Cara mengganti password Apple ID yang lupa

  • Kunjungi situs web ini https://iforgot.apple.com melalui aplikasi browser.
  • Selanjutnya, masukkan username atau alamat e-mail Apple ID yang hendak diganti kata sandinya. Masukkan pula kode Captcha untuk memverifikasi pengunjung situs bukanlah robot.
  • Setelah itu, masukkan nomor telepon yang terdaftar di Apple ID.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon.
  • Kemudian, verifikasi alamat e-mail Apple ID. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke alamat e-mail itu.
  • Setelah verifikasi berhasil, buat password Apple ID yang baru dan lakukan konfirmasi. Kini, password Apple ID telah berhasil diganti.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Cukup mudah bukan untuk mengganti password Apple ID yang lupa? Demikianlah penjelasan seputar cara mengganti password Apple ID yang lupa dengan mudah lewat situs web “iforgot.apple.com”, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.