Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghubungkan HP Oppo dengan Laptop dan Menampilkan Layarnya di Windows

Kompas.com - 26/09/2022, 12:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna seringkali menggunakan PC/laptop dan ponselnya untuk menunjang produktivitas.

Dengan ponsel Oppo, khususnya Oppo Reno 8 5G, pengguna sebenarnya bisa menghubungkan HP Oppo dengan laptop atau PC. Dengan begitu, layar ponsel bisa langsung muncul dan diakses di laptop.

Hal ini bakal memudahkan pengguna melakukan multitasking di HP Oppo dan PC miliknya.

Sepengalaman KompasTekno, HP Oppo Reno 8 5G bisa diintegrasikan dengan laptop dengan mudah menggunakan fitur "Multi-Screen Connect".

Diwartakan sebelumnya, fitur Multi-Screen Connect merupakan fitur eksklusif bawaan dari sistem antarmuka terbaru Oppo, ColorOS 12.1. Fitur Multi-Screen Connect baru tersedia di ponsel Oppo Reno 8 5G dan Oppo Reno 8 Pro 5G.

Baca juga: Review Oppo Reno 8 Pro 5G Setelah Seminggu Pemakaian

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ponsel Reno 8 ke komputer PC milik pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan hingga menerima notifikasi ponsel langsung di laptop.

Lalu, karena sudah terintegrasi, pengguna juga bisa mengedit serta mengirim file antar-PC dan HP Oppo Reno 8 5G dengan mudah.

Dengan fitur Multi-Screen Connect, pengguna juga bisa mengoperasikan ponselnya secara langsung dari laptop. Ini bakal menghemat waktu karena pengguna tak perlu bolak-balik memegang ponselnya.

Pengguna bisa mentransfer file dengan mudah antar HP Oppo dan PC. Caranya tinggal drag atau menyeret file dari ponsel ke PC, atau sebaliknya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengguna bisa mentransfer file dengan mudah antar HP Oppo dan PC. Caranya tinggal drag atau menyeret file dari ponsel ke PC, atau sebaliknya.
Adapun spesifikasi minimum PC/laptop yang bisa dihubungkan ke ponsel Oppo Reno 8 5G dengan fitur ini, yaitu:

  • Sistem operasi Windows 10 build 18362
  • Prosesor Intel i3 2.4 GHz
  • RAM 8 GB
  • Bluetooth 4.1
  • Dual-band
  • Wi-Fi 2.4GHz & 5GHz

Pengguna juga perlu mengunduh (download) aplikasi PC Connect bikinan Oppo di PC. Setelah itu, pengguna baru bisa menghubungkan HP Oppo dengan PC menggunakan Multi-Screen Connect.

Baca juga: Memotret dengan Kamera Oppo Reno 8 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

Cara tampilkan layar HP Oppo di PC

Adapun cara menghubungkan Oppo Reno 8 5G dengan PC adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi PC Connect di komputer Anda melalui tautan berikut ini
  • Klik file PC Conncet yang sudah di-download
  • Klik "Install now" untuk menginstal aplikasi PC Connect di komputer pengguna
  • Klik "Get started"

Cara menginstal PC Connect di laptop, agar bisa menghubungkan PC dengan HP Oppo menggunakan fitur Multi-Screen Connect.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara menginstal PC Connect di laptop, agar bisa menghubungkan PC dengan HP Oppo menggunakan fitur Multi-Screen Connect.

  • Hubungkan PC dan HP Oppo Reno 8 Pro dengan dua cara.
  • Cara pertama, klik opsi "Multi-Screen Connect" di Quick Settings di ponsel. Lalu, klik Connect to HP Oppo Reno 8 5G di aplikasi PC Connect di PC
  • Atau cara kedua, buka "Settings" > "Connection & sharing" > "Multi-Screen Connect" > scan QR Code yang ada di PC Connect.

Pengguna bisa mengoperasikan ponsel seperti membuka Instagram, galeri, YouTube Music, hingga kamera HP langsung di laptop.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengguna bisa mengoperasikan ponsel seperti membuka Instagram, galeri, YouTube Music, hingga kamera HP langsung di laptop.
Dengan begitu, ponsel Oppo dan PC akan terhubung. Pengguna pun bisa mengoperasikan ponsel langsung di laptop.

Pengguna bisa membuka seluruh aplikasi yang ada di ponsel. Misalnya, membuka aplikasi media sosial, galeri, aplikasi musik, aplikasi kamera, hingga aplikasi edit foto.

Bila sudah terhubung, pengguna juga bisa langsung mentransfer file antar HP dan PC dengan lebih cepat dan mudah.

Caranya, pengguna hanya perlu melakukan drag atau menyeret file dari PC ke layar ponsel yang muncul di laptop. Dengan begitu, file yang dipilih tadi secara otomatis akan tersalin di ponsel. Pengguna juga bisa melakukan sebaliknya, yakni menyeret file di ponsel ke PC.

Baca juga: Fitur-fitur Kamera Selfie Oppo Reno 8 4G, Ada AI Retouch dan Filters

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com