Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2022, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno 8 Pro 5G merupakan salah satu ponsel terbaru Oppo yang diluncurkan di Indonesia. KompasTekno mendapat kesempatan sebagai media pertama yang menjajal Oppo Reno 8 Pro 5G, selama satu minggu.

Secara desain, ponsel ini terlihat mewah dan elegan bak ponsel flagship. Sebab, perangkat ini mengadopsi desain unibodi yang serupa dengan Oppo Find X5 Pro, di mana modul kamera bagian belakang seakan menyatu dengan permukaan cangkang.

Menurut Oppo Indonesia, desain unibodi ini terinspirasi dari ponsel lawas Oppo R5 yang dirilis pada 2014 lalu.

Kemewahan ini tentunya juga dikontribusi dengan warna Oppo Reno 8 Pro 5G. Di Indonesia, ponsel ini hadir dalam dua varian, yaitu Glazed Black dan Glazed Green.

Kebetulan unit yang kami jajal adalah varian warna Glazed Green, di mana cangkang ponsel dihiasi dengan warna hijau toska yang mengilap seperti kaca. Artinya, bekas sidik jari akan dengan mudah menempel di bagian punggung Oppo Reno 8 Pro 5G.

Meski demikian, ponsel ini tidak licin ketika digenggam berlama-lama. Sebab, sekeliling bingkainya mengusung desain datar (flat), alih-alih melengkung (curved).

Kenyamanan menggenggam ini juga disumbang oleh dimensi bodi Oppo Reno 8 Pro 5G yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, juga bobotnya yang cukup ringan.

Di atas kertas, ponsel ini memiliki dimensi tinggi 161,2 mm, lebar 74,2 mm, dan ketebalan 7,34 mm. Sedangkan bobot ponsel tersebut berada di angka 183 gram.

Jika dibandingkan dengan Oppo Find X5 Pro yang memiliki dimensi 163,7 x 73,9 x 8,5 mm dengan bobot 218 gram, Oppo Reno 8 Pro 5G tentunya lebih "ringkas" dan lebih ringan.

Baca juga: Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harganya

Layar lega dan terang

Bagian depan Oppo Reno 8 Pro 5G.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian depan Oppo Reno 8 Pro 5G.

Masih soal desain, Oppo Reno 8 Pro 5G mengusung layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Layar ini terbilang lega dan nyaman digunakan untuk melihat berbagai konten. Sebab, selain layarnya besar, refresh rate layar tinggi juga membuat aneka animasi dan navigasi antarmenu berjalan cukup mulus.

Terlebih, bezel di sekeliling layar Oppo Reno 8 Pro (dengan rasio layar ke bodi diklaim mencapai 93,4 persen) juga tampak tipis, dan bahkan lebih tipis dibanding Oppo Find X5 Pro yang memiliki rasio layar ke bodi mencapai 92,7 persen.

Di samping lega dan mulus, layar ponsel terbaru Oppo ini, yang memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 950 nits, juga cukup terang. 

Ketika dipakai di luar ruangan, tepatnya di bawah terik sinar matahari, misalnya, konten yang tampil di dalam layar masih bisa kami lihat dengan jelas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com