Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret dengan Kamera Oppo Reno 8 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

Kompas.com - 16/09/2022, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi memasarkan Oppo Reno 8 5G pada Agustus lalu. Ponsel ini merupakan salah satu di antara empat ponsel Oppo Reno 8 Series yang diboyong ke Indonesia.

Ponsel yang dibanderol seharga Rp 8 juta (8/256 GB) ini mengunggulkan sektor kamera. Lantas, sebagagus apa hasil foto kamera Oppo Reno 8 5G?

Sebelumnya, perlu diketahui dulu, Oppo menyematkan dua sensor flagship (kelas atas) rancangan Sony di ponsel ini, yaitu sensor Sony IMX766 beresolusi 50 MP (f/1.8) pada kamera belakang utamanya dan sensor Sony IMX709 beresolusi 32 MP (f/2.4) pada kamera depannya.

Baca juga: 5 Fitur Andalan Kamera Oppo Reno 8 Pro 5G yang Dibanderol Rp 10 Juta

Kamera utama 50 MP tersebut juga dibekali "All Pixel Omni-directional PDAF", sebuah fitur yang juga terdapat pada kamera ponsel flagship Oppo Find X2.

Sederhananya, teknologi tersebut bakal membuat kamera Oppo Reno 8 5G mengatur fokus lebih cepat dan jepretan di kodisi minim cahaya juga lebih baik.

Dari pengalaman KompasTekno saat menjajal fitur tersebut, secara keseluruhan, foto yang dihasilkan dari kamera Oppo Reno 8 5G ini terbilang bagus, baik ketika digunakan memotret di kondisi cukup cahaya atau minim cahaya (lowlight).

Hasil foto kamera utama 50 MP

Ketika memotret dalam kondisi cahaya cukup, baik di dalam maupun luar ruangan, kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX766) pada mode normal mampu menangkap warna dan detail objek dengan jelas. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ketika memotret dalam kondisi cahaya cukup, baik di dalam maupun luar ruangan, kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX766) pada mode normal mampu menangkap warna dan detail objek dengan jelas.
Ketika memotret dalam kondisi cahaya cukup, baik di dalam maupun luar ruangan, kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX766) pada mode normal mampu menangkap warna dan detail objek dengan jelas, seperti gambar di atas

Sebenarnya dengan mode normal, kamera utama tersebut mampu menghasilkan foto yang tajam dan terang.

Namun, Oppo menyediakan dua mode tambahan bagi pengguna yang ingin memaksimalkan ketajaman pada foto. Dua mode tersebut adalah mode resolusi penuh 50 MP dan mode XHD.

Bila dibandingkan dengan mode normal, mode resolusi penuh 50 MP memang memberikan hasil foto yang lebih terang dan tajam.

Namun perlu dicatat, mode 50 MP ini hanya tersedia katike pengguna memotret menggunakan kamera utama dengan rasio aspek 4:3 saja. Fitur ini tidak tersedia di rasio aspek lainnya dan tidak tersedia untuk pemotretan dengan kamera depan.

Baca juga: Oppo Reno 8 Series di Indonesia Kebagian ColorOS 13 Mulai Bulan Ini

Bila menggunakan mode XHD, sepengalaman KompasTekno, foto memang menjadi sangat tajam dibandingkan dengan mode normal atau 50MP, seperti gambar di bawah ini.

Perbandingan hasil foto kamera utama 50 MP di Oppo Reno 8 5G dengan mode normal, resolusi tinggi 50MP, dan mode XHD.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Perbandingan hasil foto kamera utama 50 MP di Oppo Reno 8 5G dengan mode normal, resolusi tinggi 50MP, dan mode XHD.
Namun, karena pada dasarnya sudah bisa menghasilkan foto yang terang, saat digunakan untuk memotret di bawah sinar matahari terik, hasil foto bisa terlalu terang.

Pengguna pun perlu menyesuaikan angle pemotretan atau mengatur arah cahaya saat akan menjepret di bawah sinar matahari terik.

Sebenarnya, ponsel ini tidak dibekali dengan kamera telefoto. Namun, Oppo tetap menyertakan opsi zoom hingga 20x. Zoom dilakukan lewat pembesaran digital dari kamera utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com