Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Melihat Perakitan Ponsel di Pabrik Batam

Kompas.com - 26/09/2022, 18:00 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti produk elektronik lain, smartphone melalui serangkaian tahapan dalam proses pembuatannya sebelum hinggap ke tangan pengguna. Ini berlaku pula untuk Poco, merek ponsel yang bernaung di bawah Xiaomi

Produksi smartphone Poco ditangani oleh pabrik perusahaan manufaktur elektronik, PT Sat Nusapersada Tbk.

KompasTekno baru-baru ini berkesempatan mengunjungi pabrik yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau tersebut, untuk melihat bagaimana ponsel Poco F4 dan Poco F4 GT dibuat.

Baca juga: Video: Review Poco F4, Smartphone 5G Harga Rp 5 Jutaan

LIne produksi Poco F4 terbagi menjadi dua bagian karena panjangnya tahapan yang dilalui, mencapai 90 proses. Bagian pertama menangani perakitan komponen dan berbagai pengujian, mulai dari penerimaan sinyal seluler hingga uji kamera.

Salah satu tahapan pengujian yang dilalui Poco F4 dalam proses produksi di pabrik PT Sat Nusapersada di Batam, Kepulauan RiauKOMPAS.com/ OIK YUSUF Salah satu tahapan pengujian yang dilalui Poco F4 dalam proses produksi di pabrik PT Sat Nusapersada di Batam, Kepulauan Riau

Bagian kedua memuat serangkaian pengujian lagi untuk memastikan fungsi dan kualitas produk Poco F4 sebelum masuk kotak kemasan. Begitu sudah di dalam boks, ternyata prosesnya masih belum selesai karena masih ada tahapan lagi yang harus dilalui.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Poco F4 di Indonesia

Proses pembuatan Poco F4 GT agak berbeda karena ponsel ini datang dalam keadaan sudah terakit utuh, namun masih perlu melalui pengujian untuk memastikan kualitasnya. Line produksi Poco F4 GT pun lebih pendek dengan 24 proses yang mesti dilalui.

Salah satu keistimewaan Poco F4 GT terletak pada boks kemasannya yang dirancang memiliki daya tahan tinggi sehingga bahkan tidak rusak ketika sengaja diinjak sekalipun. Poco Indonesia sempat mendemonstrasikan hal ini saat kunjungan KompasTekno.

Nah, seperti apa proses produksi ponsel Poco selengkapnya di pabrik di Batam? Anda bisa menyimak liputannya dalam video di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com