Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gimbal DJI Osmo Mobile 6 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 26/09/2022, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber DJI

KOMPAS.com - Setelah dirilis secara global pada 23 September, gimbal smartphone DJI Osmo Mobile (OM) 6 resmi masuk ke Indonesia. Informasi tersebut muncul dari situs resmi distributor DJI di Indonesia, Eraspace.

DJI Osmo Mobile 6 sendiri merupakan penerus dari DJI Osmo Mobile 5 yang telah dirilis pada 2021 lalu. Meski secara sekilas kedua perangkat tidak memiliki banyak perbedaan, DJI OM 6 hadir dengan beberapa peningkatan dan fitur baru.

Misalnya, DJI Osmo Mobile 6 memiliki grip (pegangan) yang egonormis sehingga lebih nyaman untuk dipegang. Perangkat juga memiliki penjepit ponsel yang lebih besar, cocok untuk dipasangkan ke ponsel yang punya ukuran besar/lebar.

Sama seperti pedahulunya, DJI Osmo Mobile 6 memiliki gagang atau extension rod yang bisa dipanjangkan. Gagang tersebut memiliki peran ganda, yaitu bisa dijadikan tongkat selfie (tongsis) ataupun mengambil video dari jarak jauh.

Baca juga: DJI Osmo Action 3 Meluncur Tanggalkan Desain Modular

Perangkat ini juga dibekali “roda” baru yang dapat berfungsi sebagai pengontrol zoom dan pengatur fokus. Roda tersebut dapat diputar menyesuaikan kebutuhan pengguna. Bila ingin mengubah pengaturan dari zoom ke fokus (atau sebaliknya), roda tersebut dapat ditekan terlebih dahulu.

Peningkatkan lainnya adalah ActiveTrack 5.0. Fitur tersebut memungkinkan gimbal untuk mengunci frame pada kamera sehingga objek yang diambil dapat tetap berada dalam frame yang sama, meski sedang dalam keadaan bergerak (berbelok atau berputar).

Peningkatan fitur dari ActiveTrack 4.0 menjadi ActiveTrack 5.0 ditujukan untuk meningkatkan sistem pelacakan pada subjek yang lebih jauh dari kamera, serta menjaga subjek dalam bingkai yang lebih baik saat menggunakan kamera depan (selfie).

Ilustrasi DJI Osmo Mobile 6 yang dapat dilipatDJI Ilustrasi DJI Osmo Mobile 6 yang dapat dilipat

Kebaruan lain yang dihadirkan adalah fitur Quick Launch. Seperti namanya, ketika perangkat tersebut dipasangkan ke ponsel, ponsel akan langsung otomatis memberi notifikasi ke aplikasi Mimo (aplikasi pihak ketiga) untuk membuka kamera secara instan.

Baca juga: Fitur DJI Osmo Mobile 5 Bikin Videografer Pemula seperti Profesional

“Waktu persiapan menjadi lebih banyak berkurang, dengan (dipasangkan ke) smartphone yang aktif, (fitur ini) tiga kali lebih cepat dibandingkan model sebelumnya,” papar DJI dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (26/9/2022).

Di bagian bodi perangkat, ada tombol bertuliskan “M” yang memiliki arti “Mode”. Tombol bawaan (built-in) tersebut dapat digunakan untuk memeriksa kapasitas baterai perangkat dan mengatur mode yang ingin dipakai.

Mode yang tersedia antara lain:

  • Mode Follow (mengikuti pergerakan gimbal saat melakukan gerakapan panning/tilting)
  • Tilt Lock (kamera hanya akan mengikuti gerakan panning dan akan tetap stabil selama gerakan tilting atau rolling)
  • FPV (ketiga sumbu gimbal tetap mengikuti gerakan dari pegangan)
  • Spinshot (mengontrol rotasi dari tampilan kamera sehingga rekaman yang dihasilkan bisa lebih dinamis)

Harga DJI Osmo Mobile 6

Selain fitur di atas, fitur lainnya serupa dengan DJI OM 5, yaitu mode Timelapse, Dynamic Zoom, Gesture Control, Panorama, hingga Story Mode.

Ada juga teknologi gimbal 3-axix dan desain folding yang memungkinkan gimbal dapat dilipat/disimpan dalam saku.

Baca juga: DJI Rilis Osmo Mobile 5, Gabungan Gimbal dan Tongsis untuk Ponsel

Dengan bobot seberat 290 gram, gimbal DJI Osmo Mobile 6 ditopang oleh baterai berkapasitas 1.000 mAH dengan tipe Li-Po2S. Baterai tersebut diklain dapat bertahan selama kurang lebih enam jam (jika aktif digunakan).

Soal harga, SJI Osmo Mobile 6 dijual di Indonesia dengan harga Rp 2.479.000. DJI Osmo Mobile 6 yang dijual hanya satu varian warna, yaitu Hitam, ddan sudah dapat dibeli di situs resmi DJI, Eraspace, atau marketplace rekanan DJI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber DJI
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com