Kompas.com - 26/09/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah dirilis secara global pada 23 September, gimbal smartphone DJI Osmo Mobile (OM) 6 resmi masuk ke Indonesia. Informasi tersebut muncul dari situs resmi distributor DJI di Indonesia, Eraspace.

DJI Osmo Mobile 6 sendiri merupakan penerus dari DJI Osmo Mobile 5 yang telah dirilis pada 2021 lalu. Meski secara sekilas kedua perangkat tidak memiliki banyak perbedaan, DJI OM 6 hadir dengan beberapa peningkatan dan fitur baru.

Misalnya, DJI Osmo Mobile 6 memiliki grip (pegangan) yang egonormis sehingga lebih nyaman untuk dipegang. Perangkat juga memiliki penjepit ponsel yang lebih besar, cocok untuk dipasangkan ke ponsel yang punya ukuran besar/lebar.

Sama seperti pedahulunya, DJI Osmo Mobile 6 memiliki gagang atau extension rod yang bisa dipanjangkan. Gagang tersebut memiliki peran ganda, yaitu bisa dijadikan tongkat selfie (tongsis) ataupun mengambil video dari jarak jauh.

Baca juga: DJI Osmo Action 3 Meluncur Tanggalkan Desain Modular

Perangkat ini juga dibekali “roda” baru yang dapat berfungsi sebagai pengontrol zoom dan pengatur fokus. Roda tersebut dapat diputar menyesuaikan kebutuhan pengguna. Bila ingin mengubah pengaturan dari zoom ke fokus (atau sebaliknya), roda tersebut dapat ditekan terlebih dahulu.

Peningkatkan lainnya adalah ActiveTrack 5.0. Fitur tersebut memungkinkan gimbal untuk mengunci frame pada kamera sehingga objek yang diambil dapat tetap berada dalam frame yang sama, meski sedang dalam keadaan bergerak (berbelok atau berputar).

Peningkatan fitur dari ActiveTrack 4.0 menjadi ActiveTrack 5.0 ditujukan untuk meningkatkan sistem pelacakan pada subjek yang lebih jauh dari kamera, serta menjaga subjek dalam bingkai yang lebih baik saat menggunakan kamera depan (selfie).

Ilustrasi DJI Osmo Mobile 6 yang dapat dilipatDJI Ilustrasi DJI Osmo Mobile 6 yang dapat dilipat

Kebaruan lain yang dihadirkan adalah fitur Quick Launch. Seperti namanya, ketika perangkat tersebut dipasangkan ke ponsel, ponsel akan langsung otomatis memberi notifikasi ke aplikasi Mimo (aplikasi pihak ketiga) untuk membuka kamera secara instan.

Baca juga: Fitur DJI Osmo Mobile 5 Bikin Videografer Pemula seperti Profesional

“Waktu persiapan menjadi lebih banyak berkurang, dengan (dipasangkan ke) smartphone yang aktif, (fitur ini) tiga kali lebih cepat dibandingkan model sebelumnya,” papar DJI dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (26/9/2022).

Di bagian bodi perangkat, ada tombol bertuliskan “M” yang memiliki arti “Mode”. Tombol bawaan (built-in) tersebut dapat digunakan untuk memeriksa kapasitas baterai perangkat dan mengatur mode yang ingin dipakai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber DJI


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.