Heru Margianto
Managing Editor Kompas.com

Wartawan Kompas.com. Meminati isu-isu politik dan keberagaman. Penikmat bintang-bintang di langit malam. 

kolom

Mengenal ITU, Organisasi Dunia yang Kurang Populer tapi Sangat Memengaruhi Kehidupan Kita

Kompas.com - 26/09/2022, 10:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

APAKAH Anda pernah mendengar nama ITU (International Telecommunication Union)?

Anda mungkin lebih familiar dengan WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia, yang di masa pandemi banyak muncul di pemberitaan media.

Baca juga: WHO Umumkan Kabar Baik: Akhir Pandemi Covid Sudah di Depan Mata

Atau mungkin UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) yang membina kerja sama Internasional di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan. Nama UNESCO beberapa waktu lalu muncul dalam pemberitaan media terkait pembatasan pengunjung ke Candi Borobudur.

Baca juga: Polemik Tarif Naik Candi Borobudur dan Paradoks Pariwisata Indonesia

ITU memang kurang populer. Padahal, kerja-kerja ITU sangat memengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

ITU, WHO, dan UNESCO merupakah organisasi di bawah naungan PBB bersama sejumlah organisasi lain seperti ILO yang mengurusi soal tenaga kerja atau UNICEF yang mengurusi soal kesejahteraan anak-anak di dunia.

Sejarah dan bidang kerja ITU

Sebagai organisasi antarbangsa, ITU merupakan yang paling tua dibanding organisasi PBB lainnya. Berdiri di Paris pada 1865, ITU awalnya bernama International Telegraph Union. Tugasnya adalah mengatur industri telegram.

Saat itu, komunikasi yang paling canggih adalah telegram. Pada 1947, ITU menjadi badan khusus PBB dan berubah namanya menjadi International Telecommunication Union. Kerjanya mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

ITU kini beranggotakan 193 negara dan bekerja sama dengan lebih dari 800 perusahaan teknologi, badan industri, dan institusi akademik untuk mengembangkan standar dan rekomendasi internasional untuk memastikan bahwa teknologi informasi dan komunikasi aman dan mudah digunakan.

Baca juga: Dua Misi Indonesia di Konferensi ITU 2022 Romania

Kerja-kerja ITU sangat memengaruhi kehidupan setiap orang di planet ini. Dapatkah Anda membayangkan hidup tanpa telepon, radio, televisi, atau akses Internet? Setiap kali Anda memencet nomor di ponsel Anda, mengakses internet, atau mengirim email, Anda sedang menikmati manfaat dari kerja-kerja ITU.

ITU berada di belakang aktivitas teknologi informasi dan komunikasi modern yang digunakan sehari-hari oleh semua orang di segala penjuru bumi, termasuk juga soal penentuan waktu di jam tangan Anda. ITU mengatur tentang telepon, radio, televisi, akses internet, keamanan siber, dan bahkan pengaturan waktu internasional yang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.