Kompas.com - Diperbarui 27/09/2022, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Pekan lalu, pengembang game Rockstar Games mengatakan bahwa sistem jaringan mereka diretas. Peretasan itu menyebabkan puluhan video gameplay Grand Theft Auto (GTA) 6 bocor di internet.

Pengembang game asal Amerika Serikat itu lantas melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib. Tampaknya, kasus ini mulai menemukan titik terang.

Baru-baru ini, Kepolisian London menangkap seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun. Melansir BBC, remaja tersebut berasal dari Oxfordshire, London, Inggris. Remaja tersebut didakwa dengan dua pasal terkait pelanggaran syarat jaminan dan dua pasal terkait penyalahgunaan komputer.

Baca juga: Puluhan Video Gameplay Diduga GTA 6 Bocor di Internet

"Dia (remaja 17 tahun) telah ditangkap terkait dengan penyelidikan kasus peretasan dan dalam penahanan polisi," kata inspektur detektif Michael O'Sullivan dari NCCU, dihimpun KompasTekno dari Oxford Mail, Senin (26/9/2022).

Kepolisian London tidak menyebut secara gamblang bahwa remaja tersebut ditangkap terkait bocornya gameplay GTA 6. Akan tetapi, menurut kabar yang beredar, penangkapan remaja tersebut diduga terkait kasus peretasan sistem Rockstar Games dan perusahaan ride-hailing Uber.

 

Outlet media Polygon mencoba mengonfirmasi Rockstar Games dan Uber apakah penangkapan remaja tersebut terkait pembobolan sistem mereka atau tidak. Namun, keduanya belum memberikan tanggapan.

Puluhan gameplay bocor

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengguna bernama "teapotuberhacker" membagikan sekitar 90 video gameplay GTA 6. Video itu dibagikan di sebuah forum online yang membahas serba-serbi game franchise GTA, yakni GTA Forums.

Video tersebut terkumpul dalam sebuah file berukuran 3 GB, yang disebut-sebut didapatkan dari hasil peretasan. Bahkan, hasil peretasan itu digadang-gadang sebagai bocoran terbesar di industri game sejauh ini.

Tak lama kemudian, Rockstar Games mengonfirmasi bahwa bocoran yang beredar itu adalah benar gameplay GTA 6 yang masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga: Penyebar Gameplay Asli GTA 6 adalah Pemimpin Grup Hacker Berusia 16 Tahun?

Rockstar menyebut, sebelumnya mereka memang sempat mengalami gangguan jaringan, yang disinyalir disebabkan oleh ulah hacker yang mengunduh informasi sensitif tentang GTA 6 secara ilegal.

Halaman:
Sumber Neowin


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.