Kompas.com - 30/09/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Samsung resmi memboyong ponsel terbarunya dari keluarga A-series ke pasar Indonesia, yakni Samsung Galaxy A23 5G. Ponsel ini merupakan “saudara” dari Galaxy A23 4G yang telah dirilis ke Tanah Air pada Maret 2022 lalu.

Dari segi tampilan dan desain, Galaxy A23 versi 4G dan 5G tidak terlalu banyak perbedaan. Bahkan hampir terlihat sama. Namun, perbedaan yang paling mudah diketahui adalah Galaxy A23 terbaru mendukung konektivitas dari 5G.

Banderol harga dari Samsung Galaxy A23 5G sendiri berkisar Rp 3,99 juta untuk varian RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB. Selisih hampir sekitar Rp 700.000 dari Galaxy A23 4G yang dijual sekitar Rp 3,29 juta.

Baca juga: Selisih Rp 700.000, Ini Beda Spesifikasi Samsung Galaxy A23 4G vs A23 5G di Indonesia

Lantas, bagaimana tampilan dari Galaxy A23 5G dari segala sisi dan apa saja kebaruan yang dihadirkan perangkat? Simak ulasan dari kesan pertama menggengga, dan menjajal Galaxy A23 5G di Indonesia.

Unboxing Samsung Galaxy A23 5G

Kotak kemasan dari Galaxy A23 5G memiliki desain yang serupa dengan pada kemasan ponsel Galaxy A-series lainnya. Misalnya, kotak tersebut didominasi oleh warna putih dan menampilkan tampilan depan dan belakang perangkat di sisi bagian depan.

Lalu, di bagian depan atas kotak tertulis “Galaxy A23 5G” untuk menunjukkan varian model dari perangkat. Dari gambar depan kotak kemasan dapat diketahui bahwa Galaxy A23 5G dibekali empat sensor kamera di bagian punnggung ponsel serta lampu kilat LED.

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy A23 5G yang berisikan kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, adapter charger 15 watt, buku panduan, dan SIM Card eject tool (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Isi kotak kemasan Samsung Galaxy A23 5G yang berisikan kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, adapter charger 15 watt, buku panduan, dan SIM Card eject tool (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Sementara, informasi spesifikasi dari smartphone dapat ditemui di bagian bawah kotak penjualan Galaxy A23 5G, seperti varian RAM, kapasitas penyimpanan, warna, hingga nomor kode dari International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Saat kotak kemasan dibuka, terdapat satu unit Samsung Galaxy A23 5G yang masih dilindungi plastik pengaman berwarna hitam. Adapun aksesoris tambahan lainnya seperti buku panduan, adapter charger 15 watt, kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, serta SIM Card eject tool.

Varian warna perangkat yang kali ini dijajal oleh KompasTekno adalah warna Orange. Kendati begitu, saat kotak kemasan dibuka, warna Galaxy A23 5G lebih terlihat seperti warna merah muda (pink) yang bercampur dengan warna jingga, alias warna Peach.

Samsung A23 5G kali ini tidak menyertakan aksesoris softcase ataupun earphone.

Kesan pertama 

Ketika pertama kali dipegang dan digenggam, perangkat ini tergolong cukup berat (197 gram), tetapi tetap nyaman saat dipegang oleh telapak tangan wanita dewasa.

Baca juga: Hands-on dan Unboxing Samsung Galaxy A23, HP Harga Rp 3 Jutaan

Punggung ponsel Galaxy A23 5G yang dibalut dengan finishing matte membuat ponsel juga semakin nyaman untuk dipegang. Dikarenakan bila ada pengguna yang tangannya mudah berkeringat, desain matte yang dimiliki perangkat membuat pegangan tidak mudah licin.

Desain layar depan Galaxy A23 5G yang mengusung desain Infinity V (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Desain layar depan Galaxy A23 5G yang mengusung desain Infinity V (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Saat mencoba mengoperasikan tugas-tugas ringan, seperti menonton video YouTube, scrolling media sosial Twitter/Instagram/TikTok, atau mengirim pesan, tangan dapat tetap menahan berat ponsel tanpa merasa pegal atau tidak nyaman.

Hanya saja, saat digunakan untuk bermain game atau streaming dengan posisi mendatar/landscape menggunakan kedua tangan, lensa kamera belakang menjadi lebih mudah terkena noda sidik jari.

Model punggung ponsel yang dirancang dengan modul kamera yang sedikit menonjol mengakibatkan beberapa sensor kamera menjadi lebih mudah tersentuh atau tergesek oleh jari-jari tangan.

Hands-on Galaxy A23 5G

Kamera belakang Samsung Galaxy A23 5G yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2),  kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4) (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Kamera belakang Samsung Galaxy A23 5G yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4) (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, desain punggung ponsel dibalut dengan plastik yang memiliki aksen matte. Punggung ponsel juga disertai empat sensor kamera yang diposisikan secara vertikal. Kamera tersebut dibenamkan ke modul kamera yang sedikit menonjol.

Akan tetapi, jika dilihat dari sudut tertentu, misalnya dari sudut depan, perangkat terlihat tidak memiliki modul kamera dan “seolah” menyatu dengan punggun ponsel.

Konfigurasi kamera yang dimiliki dimulai dari posisi paling atas terdiri dari
kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2), kemudian disusul oleh kamera utama 50 MP (f/1.8), dan kamera depth sensor yang paling bawah 2 MP (f/2.4).

Lalu, di bagian baris kedua paling atas terdapat kamera makro yang beresolusi 2 MP (f/2.4), dan yang terakhir adalah lampu kilat LED untuk menunjang pengambilan foto saat kondisi minim cahaya/malam hari.

Beralih ke bagian depan, layar Galaxy A23 4G dihiasi oleh notch yang menyerupai huruf “V” atau yang biasa diberi nama oleh Samsung “Infinity-V”. Notch tersebut dijadikan sebagai wadah untuk kamera depan (selfie) 8 MP (f/2.2).

Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru September 2022

Galaxy A23 5G mengusung layar berpanel LCD dengan bentang seluas 6,6 inci dan sudah beresolusi Full HD Plus. Sedangkan, untuk refresh rate perangkat berada di angka 120 Hz.

Dengan ukuran layar yang cukup lebar, perangkat ini bisa digunakan untuk sejumlah aktivitas seperti nonton video, streaming, main media sosial dan sebagainya.

Saar dicoba untuk memainkan game berat seperti Mobile Legends juga tidak terdapat masalah seperti lag. Pengalaman menggulir layar selama bermain game berat beberapa ronde tetap aman. Hanya saja setelah itu suhu perangkat menjadi lebih hangat sedikit dibanding sebelumnya.

Lalu, di sisi kanan perangkat terdapat dua tombol yang memiliki fungsi berbeda. Tombol yang lebih panjang berguna untuk mengatur besar kecilnya volume suara, lalu tombol yang lebih kecil digunakan untuk tombol daya dan sensor pemindai sidik jari.

Sedangkan, di samping kiri atas terdapat kompartmen/slot untuk kartu SIM dan micro-SD. Di bagian bawah, perangkat dibekali jack audio 3,5 mm, port pengisian daya (USB-C), serta speaker tunggal.

Bagian bawah perangkat Galaxy A23 5G yang terdiri dari jack audio 3,5 mm, speaker ganda, dan port pengisian daya (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Bagian bawah perangkat Galaxy A23 5G yang terdiri dari jack audio 3,5 mm, speaker ganda, dan port pengisian daya (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Spesifikasi dan harga Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G ini mengandalkan chipset Qualcomm, Snapdragon 695 yang dirancang dengan arsitektur 8 nm. Di atas kertas, chip tersebut lebih tinggi dibanding Qualcomm Snapdragon 680 (6 nm) CPU 2,4 GHz yang disematkan ke Galaxy A23 versi 4G.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Perluasan kapasitas memori dapat dilakukan hingga 1 TB melalui slot microSD yang tersedia.

Ponsel ini ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung teknologi fast charging 25 watt. Sistem operai yang dijalankan adalah Android 12 dan dilapisi tampilan antarmuka OneUI 4.1.

Untuk lebih lengkapnya, simak tabel spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G versi Indonesia sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G
Dimensi dan bobot 165,4x76,9x8,4 mm, bobot 197 gram
Layar LCD, 6,6 inci, Full HD Plus (2.408x1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, Corning Gorilla Glass 5
Chipset Snapdragon 695 (8 nm)
RAM dan media penyimpanan RAM: 6GB
Media penyimpanan: 128 GB
Kamera depan 8 MP (f/2.2)
Kamera belakang Kamera utama 50 MP (f/1.8, PDAF)
Kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2)
Kamera depth sensor 2 MP (f/2.4)
Kamera makro 2 MP (f/2.4)
Sistem operasi Android 12, OneUI 4.1.
Baterai 5.000mAH, fast charging 25 watt
Fitur Pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya (side-mounted fingerprint scanner), NFC, jack audio 3,5 mm, Bluetooth 5.1, USB-C, Wi-Fi 802.11, dual-SIM, dan microSD.
Warna Black, Light Blue, Orange
Harga Rp 3.999.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.