Inilah Kamera Digital Terbesar di Dunia, Punya Resolusi 3.200 MP Bisa Memotret dari Jarak 24 Km

Kompas.com - 03/11/2022, 12:30 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Proyek pengembangan kamera digital terbesar di dunia atau disebut Legacy Survey of Space and Time (LSST) akhirnya rampung. Kamera raksasa ini diperkenalkan di SLAC National Accelerator Laboratory, California, pada Oktober lalu. 

Kamera ini memiliki resolusi terbesar di dunia yakni 3,2 gigapiksel atau 3.200 MP. Dengan resolusi tersebut, kamera bisa memotret bola golf dari jarak 24 kilometer.

Kamera itu selanjutnya akan dipasang di Observatorium Vera C. Rubin, di puncak gunung Cerro Pachon, Chili pada 2024 mendatang.

Di sana, kamera LSST akan bertugas memotret sekitar 20 miliar galaksi selama 10 tahun ke depan. Setiap foto hasil jepretan akan dihimpun setiap malam dengan total data sekitar 15 TB.

Akumulasi foto itu nantinya akan membantu para peneliti mengungkap sifat dari materi gelap yang selama ini misterius dan mempelajari bagaimana galaksi terbentuk.

Baca juga: Update Kamera Samsung Galaxy S22 Bikin Lebih Mudah Memotret Galaksi dan Bintang

"Ketika kami melihat fenomena baru, dalam waktu 60 detik setelah tombol kamera ditekan, kami bisa mengirimkan notifikasi kepada siapun yang penasaran," kata Travis Lange, insinyur utama kamera LSST, dikutip dari Cnet.

Setelah tugas selama 10 tahun itu rampung, kamera LSST akan membuat film 3D dari potret langit bagian selatan.

Berat 3 ton, ukuran sebesar mobil

Secara teknis kamera LSST memiliki fungsi yang sama seperti kamera digital pada umumnya. Hanya saja, ukuran kamera ini jauh lebih besar.

Terdapat 189 sensor yang memanfaatkan cahaya dari objek seperti bintang yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik sehingga bisa memproduksi gambar digital.

Setiap sensornya berbentuk persegi dengan panjang pada tiap sisinya sekitar 42 mm. Bila ditotal, kamera LSST menawarkan resolusi 3,2 gigapiksel atau setara 3.200 MP. Dukungan ini memungkinkan kamera LSST memotret bola golf dari jarak 24 kilometer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.