Kompas.com - 16/11/2022, 06:01 WIB
|

HAWAII, KOMPAS.com - Vendor chipset asal Amerika Serikat, Qualcomm, resmi memperkenalkan System-on-chip (SoC) kelas atas terbarunya yakni Snapdragon 8 Gen 2. SoC ini diperkenalkan dalam acara tahunan Snapdragon Summit 2022 di Hawaii, Selasa (15/11/2022) waktu setempat.

Chip tercanggih Qualcomm ini dirancang untuk menjadi otak utama dari smartphone Android kelas atas. Snapdragon 8 Gen 2 dijanjikan akan digunakan oleh smartphone termutakhir dari sejumlah merek, seperti Asus ROG, OnePlus, Oppo, Redmi, Sony, Vivo, dan Xiaomi mulai akhir 2022.

Snapdragon 8 Gen 2 diklaim lebih bertenaga dan efisien dibanding pendahulunya. GPU Adreno di Snapdragon 8 Gen 2, disebut Qualcomm, 25 persen lebih bertenaga dan CPU Kryo diklaim 40 persen lebih efisien.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 2 membawa sejumlah fitur baru yang akan meningkatkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna smartphone. Salah satunya adalah dukungan codec AV1.

Codec ini menawarkan peningkatan kualitas video yang lebih tinggi dengan ukuran file yang lebih rendah ketimbang video codec H.265.

Codec AV1 sendiri dapat membuat ukuran file video 30 persen lebih efisien dari video dengan codec H.265. Codec AV1 sendiri dirancang untuk menampilkan video streaming.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 2 juga mengunggulkan sektor kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

AI di Snapdragon 8 Gen 2 akan mendongkrak fungsi kamera serta pemrosesan bahasa. Kemampuan tersebut hadir berkat adanya fitur Snapdragon Smart yang didukung prosesor Qualcomm Hexagon untuk AI.

Menurut Chris Patrick, Senior Vice President and GM of Mobile Handset Qualcomm Technologies, Snapdragon 8 Gen 2 dapat membuat para produsen perangkat untuk meningkatkan pengalaman di perangkat yang mereka buat.

"Kami merancang Snapdragon dengan memposisikan pengguna sebagai pusat inovasi kami. Snapdragon 8 Gen 2 ini akan merevolusi lanskap smartphone unggulan pada tahun 2023," kata Chris Patrick, Senior Vice President and GM of Mobile Handset Qualcomm Technologies, dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Selasa.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.