Kompas.com - 17/11/2022, 15:00 WIB

HAWAII, KOMPAS.com - Qualcomm resmi memperkenalkan system-on-chip (SoC) kelas atas terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2. SoC ini diperkenalkan dalam acara tahunan Snapdragon Summit 2022 di Hawaii, Selasa (15/11/2022) waktu setempat.

Chipset ini dirancang untuk mentenagai smartphone Android flagship. Sebagai chipset kelas atas teranyar, Snapdragon 8 Gen 2 membawa sejumlah fitur dan terobosan baru. Salah satunya adalah dukungan WiFi 7.

Menurut Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, WiFi 7 memiliki kecepatan dua kali lebih cepat daripada WiFi 6 pada spektrum 6 GHz. Jika pada spektrum 5 GHz, performa WiFi 7 sekitar 1,5 kali lipat lebih cepat dari WiFi 6.

WiFi 7 sendiri bisa memberikan kecepatan hingga 5,8 Gbps dan latensi rendah hingga 2 milisecond.

Baca juga: Ini Peningkatan di Snapdragon 8 Gen 2 Dibanding Gen 1

Nah, menurut Dominikus, pemanfaatan dukungan WiFi 7 pada Snapdragon 8 Gen 2 ini ideal untuk use case yang membutuhkan kecepatan sangat tinggi secara wireless, seperti untuk streaming video 8K, cloud gaming dengan level yang lebih advanced, extended reality agar lebih mulus, serta edge computing.

"Dengan kelebihan yang ada pada WiFi 7, era baru untuk portable display dengan akses instan ke PC dan komputasi cloud, entertainment, aplikasi pada otomotif, akan lebih baik lagi," kata Dominikus dijumpai KompasTekno di Maui, Hawaii.

Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 resmi di acara peluncuran di Hawaii, Rabu (16/11/2022).KOMPAS.com/Yudha Pratomo. Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 resmi di acara peluncuran di Hawaii, Rabu (16/11/2022).

Dominikus menambahkan, saat ini sangat wajar apabila mulai beralih ke dukungan WiFi 7. Sebab, mengutip data IDC, Dominikus mengatakan ada 2 milyar perangkat dengan WiFi 6 telah dikirimkan, dan diperkirakan akan tumbuh mencapai 5.2 miliar perangkat pada ahir tahun 2025.

Baca juga: Ini Daftar HP yang Bakal Ditenagai Chipset Snapdragon 8 Gen 2

"Ledakan jumlah perangkat ini disebabkan karena terus berkembangnya teknologi WiFiseiring dengan meningkatnya kebutuhan. Wifi 7 dibangun di atas inovasi WiFi 6 dan memaksimalkan spektrum yang digunakan oleh WiFi 6E," ungkap Dominikus.

WiFi 6 sendiri memiliki lebar channel maksimum sebesar 160 MHz. Sementara WiFi 7 bisa mencapai 2 kali lipatnya, yakni 320 MHz.

Dengan lebar tersebut, kecepatan WiFi 7 akan bisa 2 kali lipat lebih cepat daripada wifi 6 di spektrum 6 Ghz.

Konektivitas Snapdragon 8 Gen 2

Selain dukungan WiFi 7, chipset Snapdragon 8 Gen 2 sendiri dibekali dengan modem Snapdragon X70 5G dan menggunakan prosesor AI 5G Qualcomm untuk meningkatkan kecepatan, latensi, serta efisiensi daya.

Chipset tersebut juga memungkinkan perangkat menggunakan dua kartu SIM 5G secara bersamaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.