Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Google Messages Mirip WhatsApp

Kompas.com - 28/11/2022, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google memperluas dukungan penggunaan emoji untuk bereaksi atau menanggapi chat di aplikasi Messages. Sekarang, pengguna Messages bisa memakai emoji apa pun untuk menanggapi chat menggunakan fitur emoji reaction.

Sebelumnya Google hanya menyediakan tujuh emoji yang bisa dipilih pengguna ketika memakai fitur emoji reaction. Namun dengan dukungan baru ini, pengguna kini bebas memakai emoji apa saja.

Untuk saat ini, perluasan fitur emoji reaction di Google Messages masih dalam tahap uji coba ke sejumlah pengguna beta. Jadi, tidak semua pengguna kebagian fitur ini.

Baca juga: Status Pesan Terkirim di Google Message Dibuat Makin Mirip WhatsApp

Karena masih dalam tahap uji coba, tampilan emoji pada aplikasi Messages di luar emoji yang sudah didukung sebelumnya juga berbeda, khususnya pada ponsel yang belum kebagian pembaruan.

Seperti laporan dari The Verge dikutip KompasTekno, Senin (28/11/2022), yang menyebutkan bahwa emoji baru yang digunakan pengirim pesan bisa tampil dengan baik meskipun ia belum bisa memakai emoji yang sama.

Sementara pengguna lainnya mendapati bahwa emoji reaction tampil sebagai pesan terpisah, meskipun sebenarnya item tersebut dikirim untuk menanggapi chat.

Ilustrasi emoji reactions di aplikasi Google MessagesThe Verge Ilustrasi emoji reactions di aplikasi Google Messages

Praktik yang sama juga berlaku ketika pengguna menggunakan emoji reaction untuk pesan dari pengguna iPhone. Pasalnya, sistem yang digunakan aplikasi pesan milik Google untuk Android berbeda dengan Apple.

Google memakai protokol RCS untuk menggantikan sistem SMS dan MMS. Sayangnya Apple enggan menyeragamkan sistem tersebut pada aplikasi iMessage, sehingga perbedaan teknis ini turut memengaruhi praktik pertukaran pesan antar pengguna termasuk soal emoji reaction.

Baca juga: Fitur Anti Cepu WhatsApp Sudah Bisa Dicoba, Pesan Rahasia Makin Aman

Dukungan aneka emoji untuk emoji reaction sendiri sudah mulai muncul sejak September, dihimpun KompasTekno dari 9to5Google. Namun sejauh ini belum diketahui kapan fitur emoji reaction dengan berbagai emoji akan digulirkan Google untuk Messages dalam versi stabil.

Mirip emoji reactions WhatsApp

Dukungan aneka emoji di Google Messages ini persis seperti yang dilakukan aplikasi pesan lainnya termasuk WhatsApp dan Telegram.

Di WhatsApp, awalnya pengguna hanya bisa memakai enam emoji untuk menunjukkan reaksi atas sebuah chat. Namun kemudian WhatsApp memperluas dukungannya, sehingga pengguna bebas memakai emoji mana pun.

Dukungan aneka emoji di untuk menanggapi chat di WhatsApp diumumkan CEO Meta, Mark Zuckerberg pada Juli 2022. Dalam pengumumannya, Zuckerberg berkata bahwa Whatsapp menyediakan opsi emoji apa pun sebagai “Reactions".

Zuckerberg juga membeberkan emoji-emoji kesukaannya sebagai Reactions, yakni emoji muka robot, kentang goreng, pria yang sedang surfing, emoji memakai kacamata hitam, angka 100, dan emoji fist bump.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com