Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar TV Digital dari Berbagai Merek, Harga Mulai Rp 1-5 Jutaan

Kompas.com - 27/11/2022, 10:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Per 2 November lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mematikan siaran TV analog di sejumlah daerah, melalui program Analog Switch Off/ASO.
Salah satu daerah yang terdampak adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Rencananya, Kominfo akan memperluas wilayah ASO di beberapa kabupaten/kota. Setelah siaran TV analog dimatikan, masyarakat hanya bisa menikmati siaran TV Digital saja. Ada dua cara untuk bisa menikmati siaran digital.

Pertama, memanfaatkan TV analog untuk menyiarkan siaran digital dengan bantuan set top box (STB). Ada berbagai macam STB yang dijual dengan harga bervariasi. Daftar harga STB  bisa disimak di artikel berikut.

Kedua, adalah dengan beralih sepenuhnya ke TV digital. Di pasaran, ada berbagai macam merek TV digital yang dibanderol dengan harga variatif, mulai dari Rp 1 jutaan hingga di atas Rp 5 juta.

Pemerintah mengimbau agar masyarakat membeli TV digital yang sudah tersertifikasi oleh Kominfo. Berikut KompasTekno rangkum daftar TV digital dari berbagai merek dan rentang harga.

Daftar TV digital murah harga Rp 1 jutaan

Setidaknya, ada 39 model TV digital yang dibanderol Rp 1 jutaan. Model-model itu berasal dari berbagai merek, seperti Panasonic TH-32G306G, Polytron PLD 32V1853, Realme TV 32, dan masih banyak lainnya. Untuk lebih jelasnya, daftar TV Digital harga Rp 1 jutaan bisa disimak di artikel "Daftar 39 TV Digital Harga Rp 1 Jutaan yang Sudah Bersertifikasi Kominfo".

Daftar TV digital murah harga Rp 2 jutaan

Berdasarkan penelusuran di sejumlah marketplace, setidaknya ada 52 model TV digital harga Rp 2 jutaan dari berbagai merek. Misalnya saja TV digital dari Samsung dengan model UA32T4500AKXXD yang dijual Rp 2.497.000. Lalu, ada juga model LG 32LJ500D-TA yang dibanderol Rp 2.095.000.

Selain dua model tersebut, ada TV digital merek lain, seperti Coocaa, Polytron, Sharp, dan sebagainya yang dijual dengan harga Rp 2 jutaan. Daftar lengkapnya bisa disimak di artikel "52 TV Digital Harga Rp 2 Jutaan Bersertifikasi Kominfo dari Berbagai Merek".

Daftar TV digital harga 3 jutaan

Setidaknya, ada 25 TV digital yang dijual dengan harga Rp 3 jutaan di marketplace. Misalnya saja TV digital merek Polytron dengan model PLD 43V1553 yang dijual dengan harga Rp 3.250.000. Kemudian ada TV digital merek Toshiba model 32E31KP yang dibanderol Rp 3.499.000.

Selain dua merek di atas, ada TV digital merek lain yang dijual dengan harga Rp 3 jutaan, yakni LG, Akari, Aqua, Coocaa, Sharp, dan masih banyak lainnya. Daftar lengkapnya bisa disimak di artikel "Daftar 25 TV Digital Harga Rp 3 Jutaan yang Sudah Bersertifikasi Kominfo".

Daftar TV digital harga 4-5 jutaan

Sama seperti daftar sebelumnya, ada berbagai macam merek dan model TV digital yang dibanderol dengan harga Rp 4-5 jutaan. Banderol harga yang semakin mahal biasanya didasarkan pada spesifikasi, misalnya ukuran TV yang lebih luas dan fitur yang lebih kaya.

Namun, berapapun harganya, selama TV digital mendukung fitur DVB-T2, maka dipastikan sudah mendukung siaran digital di Indonesia. Salah satu contohnya adalah TV digital Polytron PLD 43UG5959 yang dibanderol Rp 5.699.000.

Ada pula TV digital merek Samsung UA43T6500AKXXD yang dijual seharga Rp 4.900.000. Daftar TV digital harga Rp 4-5 jutaan bisa disimak di artikel "Daftar TV Digital Harga Rp 4-5 Jutaan dari Berbagai Merek dan Bersertifikasi Kominfo".

Sebagai catatan, harga TV digital di daftar tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu mengikuti kondisi pasar. Apabila membeli secara online,ada baiknya untuk membeli di toko terverifikasi atau toko resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com