Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi FIFA Error, Penonton Piala Dunia 2022 di Qatar Dikasih Tiket Kertas Tulisan Tangan

Kompas.com - 29/11/2022, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber APnews

KOMPAS.com - Aplikasi FIFA yang bisa digunakan untuk menampilkan tiket menonton Piala Dunia 2022 di Qatar dilaporkan sempat mengalami kerusakan (error) pekan lalu.

Kabarnya, masalah error di aplikasi FIFA ini terjadi pada hari dua hari pertama Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung, yaitu sekitar Senin (21/11/2022) dan Selasa (22/11/2022) waktu setempat.

Karena aplikasi FIFA error, pengunjung yang sudah membeli tiket Piala Dunia 2022 terlambat masuk ke dalam stadion yang tersebar di beberapa titik di Qatar untuk menonton tim atau negara favoritnya tepat waktu.

Baca juga: Game FIFA 23 Dibanjiri Review Jelek di Steam

Keterlambatan ini disebabkan oleh antrean yang mengular di area Ticket Resolution Point. Tempat ini merupakan yang harus dikunjungi penonton apabila mereka mengalami masalah terkait tiket masuk ke dalam stadion. 

Selain itu, keterlambatan ini juga disebabkan oleh solusi sementara yang dihadirkan pihak FIFA pada saat itu, yaitu mengganti tiket digital dengan tiket fisik yang memiliki format kertas.

Konon, tiket kertas tersebut tidak berisi tulisan yang dicetak, melainkan tulisan yang ditulis dengan tangan.

Kejadian ini lantas membuat banyak penonton yang hendak masuk ke dalam stadion Piala Dunia 2022 kecewa.

Baca juga: Bisnis Baru Lionel Messi, Game Sepak Bola dan Jersey Bekas Pemain

Seorang pria asal Meksiko bernama Marciel Hernandez, misalnya, harus memendam amarahnya karena ia terlambat 20 menit masuk ke dalam stadion untuk menonton pertandingan Inggris vs Iran.

Penggemar Meksiko yang mendatangi area Ticketing Centre di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.APNews Penggemar Meksiko yang mendatangi area Ticketing Centre di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

"Saya sudah enam kali mendatangi ajang Piala Dunia, dan baru kali ini saya menemukan masalah seperti ini," ujar Hernandez, dikutip KompasTekno dari APNews, Selasa (29/11/2022).

"Pertandingan-pertandingan ini penting bagi saya. Terlebih, saya sudah menabung untuk menonton Piala Dunia, sehingga apabila ada masalah, tentu saja saya frustrasi," imbuh Hernandez.

Hal serupa juga dirasakan penonton lain asal Algeria yang bernama Mohamed Afran. Ia mengaku bahwa ia selalu mengantre ketika datang ke stadion untuk menonton Piala Dunia 2022.

Baca juga: Cara Nonton Piala Dunia 2022 di HP dan Laptop dengan Mudah

"Ini bukan tempat yang cocok untuk menyelenggarakan Piala Dunia," jelas Afran sembari menyinggung kinerja para relawan dan pihak FIFA yang bekerja di gerbang tiket.

Terkait masalah ini, FIFA mengatakan pihaknya tengah mengadakan upaya perbaikan supaya masalah tiket digital melalui aplikasi ini bisa terselesaikan.

"Penyedia layanan dan aplikasi FIFA saat ini sedang berupaya menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam aplikasi FIFA Ticketing sesegera mungkin," kata FIFA pekan lalu.

Tidak disebutkan apakah masalah tiket di aplikasi FIFA ini sudah diperbaiki atau belum. Namun mengingat insiden ini terjadi dan ramai pada minggu lalu, ada kemungkinan sistem tiket di aplikasi FIFA sudah diperbaiki pada saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber APnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com