Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Karyawan Resign, Pabrik Perakit iPhone Siapkan Bonus Rp 28 Juta

Kompas.com - 29/11/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Foxconn sedang pusing tujuh keliling. Bukan karena PHK massal, melainkan karena adanya aksi pengunduran diri karyawan alias resign berjemaah.

Setidaknya 20.000 karyawan pabrik perakitan iPhone di wilayah Zhengzhou, China itu mengajukan resign karena tergiur dengan kompensasi 10.000 yuan (setara Rp 22 juta).

Foxconn pun dilaporkan telah mengeluarkan sejumlah jurus untuk mencegah lebih banyak karyawan yang resign, yaitu dengan cara menaikkan gaji dan memberikan bonus.

Menurut laporan outlet media Times of India, Foxconn mengeluarkan pemberitahuan bahwa pihaknya bakal menaikkan gaji paling banyak 13.000 yuan atau setara 28,3 juta untuk bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Tambahan gaji dua bulan tersebut bisa dinikmati pekerja penuh (full-time) yang sudah bergabung di Foxconn pada November 2022 atau sebelumnya.

Baca juga: 20.000 Karyawan Foxconn Resign, Produksi iPhone Diprediksi Terhambat

Vendor perakit produk Apple ini juga berjanji memberikan bonus sebesar 1.800 dollar AS (sekitar Rp 28,3 juta) kepada karyawan yang masih bertahan di Foxconn.

Bila dihitung, Foxconn menyiapkan 39.000 yuan atau setara Rp 85 juta bagi masing-masing karyawan full-time agar tak ikut-ikutan resign.

Pengiriman iPhone diprediksi terhambat

Pabrik Foxconn di Chinareuters.com Pabrik Foxconn di China
Diwartakan sebelumnya, aksi resign berjemaah 20.000 karyawan Foxconn ini awalnya dipicu protes dari pekerja baru terkait upah yang diterima dan terkait kebijakan pembatasan (lockdown) sebagai bagian dari strategi penanggulangan Covid 19.

Dalam aksi tersebut terjadi eskalasi yang berujung bentrok antara pekerja dengan petugas keamanan Foxconn pada Rabu (23/11/2022).

Terkait masalah ini, Foxconn akhirnya meminta maaf atas "kesalahan teknis" terkait pemberian upah pekerja baru. Pabrik perakitan iPhone ini pun menawarkan kompensasi 10.000 yuan (setara Rp 22 juta) agar pekerja baru yang melakukan protes untuk resign dari Foxconn.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.