Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BOE Pamer Layar Laptop Gaming 600 Hz Pertama di Dunia

Kompas.com - 08/12/2022, 16:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Produsen barang elektronik asal, China BOE Technology Group (BOE), memamerkan produk terbarunya ke publik. Produk tersebut berupa layar dengan refresh rate yang tinggi.

Layar yang membekali sebuah laptop gaming itu memiliki refresh rate hingga 600 Hz.

Seperti diketahui, refresh rate adalah angka yang mengacu pada berapa kali per detik layar dapat memuat gambar baru. Biasanya, refresh rate dalam layar diukur dalam Hertz (Hz).

Misalnya, jika layar pengguna memiliki refresh rate 240 Hz, maka perangkat itu akan mampu memperbarui (refresh) atau memuat gambar sebanyak 240 kali per detik.

Semakin tinggi angka refresh rate, maka semain banyak pula gambar yang akan diperbarui, sehingga, gerakan yang ditampilkan di layar akan semakin mulus.

Baca juga: Apa Itu Touch Sampling Rate pada Smartphone, Bedanya dengan Refresh Rate?

Kembali ke BOE, layar terbaru mereka ini disebut-sebut merupakan layar laptop gaming dengan layar refesh rate 600 Hz pertama di dunia.

Sebelumnya, beberapa produsen laptop gaming macam Alienware (Dell) hingga Asus sempat memamerkan laptop gaming dengan refresh rate tinggi. Namun, angkanya hanya mentok di 500 Hz.

BOE pamer layar laptop gaming dengan refresh rate 600 Hz. Ini menjadi layar laptop gaming pertama dengan angka refresh rate tersebut. IT Home BOE pamer layar laptop gaming dengan refresh rate 600 Hz. Ini menjadi layar laptop gaming pertama dengan angka refresh rate tersebut.
Terkait layar BOE ini, tidak disebutkan seperti apa spesifikasi rincinya, begitu juga jenis panel yang digunakan. Layar ini memiliki luas diagonal 16 inci dan tentunya mendukung refresh rate maksimal 600 Hz tadi.

Belum diumbar pula kapan layar buatan BOE ini bisa dirasakan pengguna umum. Namun, ada kemungkinan layar dengan refresh rate setinggi ini bakal menargetkan pengguna dengan kebutuhan spesifik.

Saat ini, mayoritas laptop gaming mumpuni macam Alienware M17, Asus Strix Scar 17, hingga Razer Blade 15 memiliki layar dengan refresh rate sekitar 240-360 Hz, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Apa Itu Angka Refresh Rate 120 Hz di Ponsel Gaming?

Belum bisa dipastikan kapan layar dengan refresh rate tinggi buatan BOE ini akan hadir di pasar laptop gaming.

Yang jelas, layar dengan refresh rate tinggi hanya akan bisa dimanfaatkan apabila konten video atau game yang dimainkan juga mendukung tampilan dengan frame rate atau FPS tinggi pula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.