Apa Itu Angka "Refresh Rate" 120 Hz di Ponsel Gaming?

Kompas.com - 23/01/2020, 10:05 WIB
ROG Phone 2 (kiri) dan Black Shark 2 Pro (kanan) tampak depan. KOMPAS.com/Bill ClintenROG Phone 2 (kiri) dan Black Shark 2 Pro (kanan) tampak depan.

 KOMPAS.com - Ponsel gaming Asus ROG Phone 2 dan Razer Phone 2 dibekali dengan sejumlah fitur mumpuni, salah satunya adalah layar dengan refresh rate mencapai 120 Hz (Hertz).

Spesifikasi layar dengan refresh rate tinggi juga mulai dimiliki oleh aneka smartphone non-gaming, mulai dari OnePlus 7 Pro, Realme X2 Pro, hingga Oppo Reno Ace, dengan angka 90 Hz. 

Lantas, apa perbedaan layar 90 Hz dan 120 Hz? Lalu, apakah kita sebenarnya membutuhkan  ponsel dengan refresh rate tinggi?

Apa itu refresh rate?

Sebelum menyelam lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan refresh rate.

Seperti namanya, refresh rate merupakan suatu spesifikasi pada komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar diperbarui (di-refresh) setiap detiknya.

Sederhananya, layar 60 Hz mampu menampilkan 60 gambar setiap detiknya, begitu juga layar 90 Hz dan 120 Hz, yang masing-masing mampu menampilkan gambar 90 dan 120 frame per detik.

Baca juga: Kilas Balik Desain Layar Smartphone dalam Satu Dekade

Dengan kata lain, semakin tinggi angka refresh rate, semakin mulus pula gambar yang ditampilkan oleh smartphone, lantaran gambar yang ditampilkan setiap detik, meski tidak terlihat secara kasat mata, notabene lebih banyak. 

Refresh rate bukan frame rate

Nah, meski terdengar sama, refresh rate sendiri sejatinya berbeda dengan frame rate atau lumrah disebut frames-per-second (fps) yang biasa ditemui di spesifikasi video.

Seperti disebutkan tadi, refresh rate merupakan teknologi di dalam layar, sementara fps merupakan spesifikasi dari gambar atau video yang ditampilkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X